Rejanglebong,  (Antara) - Kepala Kepolisian Resor Rejanglebong AKBP Dirmanto menyatakan arus mudik lebaran Idul Fitri 1436 Hijryah yang lewat di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, masih kondusif.

"Alhamdulillah keamanan di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumsel masih kondusif. Kondisi ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan ini patut disyukuri," kata Kapolres Rejanglebong, Provinsi Bengkulu itu di Rejanglebong, Sabtu.

Kondusifnya jalan lintas penghubung kedua provinsi itu kata dia, tidak terlepas dari peran aktif masyarakat setempat dalam menjaga kamtibmas di kawasan tersebut serta adanya pengamanan dari dua Pospam yang didirikan di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau.

Membaiknya keamanan di jalan lintas tersebut dapat dilihat dengan banyaknya arus mudik yang datang maupun ke luar dari Provinsi Bengkulu dengan melakukan perjalanan di malam hari.

Kondisi keamanan arus mudik yang melintas di daerah itu sendiri tambah dia, sudah dipantau langsung Kapolda Bengkulu Brigjend Pol M Ghufron pada Jumat sore (17/7).

Inspeksi dari Kapolda Bengkulu ini selain memantau kondisi keamanan juga guna memastikan tidak adanya kasus kecelakaan lalulintas. Inspeksi dilakukan Kapolda mulai dari Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan di jalur lintas gunung perbatasan Kabupaten Bengkulu Tengah dengan Kabupaten Kepahiang hingga Pos Pelayanan di Pasar Bang Mego, Curup.

Sebelumnya Polres Rejanglebong pada pengamanan arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah menerjunkan 110 personel yang tersebar di dua Pospam dan tiga Posya. Untuk Pospam ini didirikan di Desa Simpang Beliti Kecamatan Binduriang dan satu Pospam lainnya ditempatkan di Desa Tanjung Aur Kecamatan Sindang Kelingi.

Selain mendirikan dua Pospam di kawasan rawan kejahatan dan kecelakaan lalulintas Polres Rejanglebong juga mendirikan dua Posyan yang ditempatkan di kawasan wisata dan dalam perkotaan, diantaranya di kawasan Danau Mas Harun Bestari di Kecamatan Sindang Kelingi dan satu pos lagi berada di kawasan wisata Suban Air Panas serta satu pos lagi didirikan di Pasar Bang Mego Kecamatan Curup.

Pada pengamanan lebaran ini petugas di lapangan diperintahkan melakukan tindakan tegas kepada pelaku tindak kejahatan yang meresahkan pengguna jalan lintas Curup-Lubuklinggau yakni perintah tembak di tempat.***2***



Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015