Ketua Taekwondo Indonesia Cabang Kota Bengkulu Teuku Zulkarnain menargetkan para atlet dapat meraih tiga medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang digelar di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara pada September mendatang.

"Dari Provinsi Bengkulu ada empat atlet yang lolos ikut PON, tiga di antaranya merupakan atlet taekwondo dari Kota Bengkulu, dan ketiganya kami targetkan pulang membawa emas," kata Teuku Zulkarnain di Bengkulu, Minggu.

Dia mengatakan target tersebut tidak berlebihan mengingat para atlet cukup menjanjikan memenangkan kompetisi tingkat nasional, ditambah mereka juga memiliki kebugaran yang cukup baik saat ini.

"Masih ada beberapa bulan lagi untuk latihan, jadi bukan mustahil kita membawa pulang 3 emas. Mohon doanya," kata dia.

Pada Piala Kemenpora RI 2023 yang digelar pekan lalu, lanjut dia, juga dapat menjadi acuan kondisi dari atlet. Bahkan, menurut dia perwakilan Taekwondo Kota Bengkulu mengukir prestasi membanggakan.

"Kami mampu membawa beberapa emas, perak dan medali perunggu. Anak-anak juga pulang membawa Piala Kemenpora RI 2023 sebagai tim terfavorit. Kami juga menyemangati atlet bahwa keberhasilan ini juga bisa direplikasi di PON 2024 mendatang," kata dia.

Tim Taekwondo Kota Bengkulu yang bertanding di Turnamen Kemenpora RI 2023 pada pekan lalu mampu meraih 7 medali emas, 4 medali perak dan 5 medali perunggu.

Sebelumnya, Ketua Umum KONI Letjen TNI (Purn) Marciano Norman pada kesempatan pertemuan dengan Wapres Ma'ruf Amin mengungkapkan bahwa Provinsi Sumatera Utara dan Aceh telah siap untuk menyelenggarakan PON 2024 pada 25 September-9 Oktober 2024.

“Sesuai arahan Presiden, peserta PON 2024 mencakup 38 provinsi, termasuk empat daerah otonom baru (DOB) Papua,” kata Marciano.

Menurut Marciano, kedua daerah penyelenggara PON 2024 terus membangun berbagai arena yang akan digunakan, seperti Aceh yang melakukan pembangunan 14 arena dibantu oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Nanti di Sumatera Utara ada 35 cabang olahraga dan di Aceh ada 34 cabang olahraga yang dipertandingkan,” ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023