Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI tahun ini meniadakan kegiatan renungan suci di taman makam pahlawan di daerah itu karena belum ada pahlawan yang dimakamkam.

"Ditiadakan untuk melaksanakan karena melihat dan berdasarkan fakta dan data yang ada hanya tempat makam pahlawan. Sementara belum ada pahlawan yang dimakamkan di sana," kata Asisten II Bidang Pembangunan Pemerintah Kabupaten Mukomuko Novizar Eka Putra, di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, ke depan hal ini perlu dipikirkan. Lokasi sudah siap, setelah ada pahlawan yang dimakamkan di sana mudah-mudahan bisa dilaksanakan kegiatan renungan suci.

Sekarang, katanya, masalah tersebut sudah dibahas. Bagaimana kegiatan renungan suci dilaksanakan di makam pahlawan.

Pemerintah setempat, katanya, sedang berkoordinasi dengan beberapa keluarga pahlawan di daerah itu agar mereka bersedia memindahkan makam keluarganya ke makam pahlawan.

"Kami sebelumnya sudah pernah membujuk pihak keluarga pahlawan dari daerah ini tetapi belum ada yang bersedia," ujarnya.

Ia menjelaskan, yang dimaksud pahlawan asli daerah itu seperti veteran yang pernah berjuang untuk Kemerdekaan RI. Baik itu dari TNI maupun kepolisian.

Tetapi, katanya, bukti kalau veteran itu pernah berjuang untuk negara ini harus dibuktikan dengan surat keterangan dari atasannya.  

Ia mengatakan, meskipun tanpa kegiatan renungan suci tetapi kegiatan utama dalam rangka memperingati HUT ke70 Kemerdekaan RI tetap berjalan, seperti rapat paripurna istimewa mendengarkan pidato Presiden RI, upacara pengibaran dan penurunan bendera, dan malam kenegaraan. ***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015