Bilbao (Antara/Reuters) - Trigol Aritz Aduriz di babak kedua membuat Barcelona harus menelan kekalahan 0-4 di markas Athletic Bilbao pada leg pertama Piala Super Spanyol, Jumat.

Barca mengincar trofi kelima tahun ini namun mereka segera tertinggal ketika Mikel San Jose menaklukkan kiper Marc-Andre Ter Stegen pada menit ke-13.

Aduriz menanduk gol pertamanya pada menit ke-53, dan kemudian pertahanan longgar Barcelona membuat dirinya dapat mengemas gol ketiga untuk Bilbao.

Dani Alves kemudian melanggar Xabier Etzeita dan Aduriz mengcoh Ter Stegen melalui eksekusi penalti untuk melengkapi trigolnya pada menit ke-68.

Penyerang Pedro tampil sejak awal pertandingan dan ia nyaris mencetak gol untuk Barca melalui tembakan yang membentur tiang pada menit ke-50.

Pertandingan leg kedua akan dimainkan di Nou Camp pada Senin, namun bahkan bagi Lionel Messi dan kawan-kawan, cukup sulit untuk mengejar defisit empat gol.

"Ini merupakan pertandingan yang aneh sebab mereka memiliki tiga atau empat peluang dan mencetak empat gol," kata bek Barca Javier Mascherano kepada para pewarta. "Kami belum mati, kami dapat bangkit dan memenangi piala ini."

"Kami akan berjuang sampai akhir. Kami telah memenangi banyak pertandingan di mana kami sempat tertinggal."

Barca tampil lebih baik pada menit-menit pembukaan namun Bilbao, yang juga sebagian pemainnya harus absen karena cedera, mulai menekan.

Tembakan Javier Eraso dari sudut sempit dapat didorong oleh Ter Stegen untuk menghasilkan tendangan sudut, dan kemudian Bilbao membuka keunggulan.

Ter Stegen keluar dari areanya untuk menyundul bola sapuan panjang dari pemain lawan Gorka Iraizoz, dan San Jose kemudian memanfaatkan peluang untuk memasukkan bola.

Tim tamu banyak menguasai bola namun operan mereka begitu lambat. Pedro berjuang keras dan setelah turun minum ia tidak beruntung saat sepakan volinya menghantam mistar gawang.

Pada Selasa, Barca menang 5-4 atas Sevilla melalui adu penalti untuk mengangkat Piala Super Eropa.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015