Rejanglebong (Antara) - Peringatan detik-detik proklamasi di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, yang dilaksanakan di Lapangan Setia Negara Curup, Senin (17/8) berlangsung khidmat.

Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70 tahun, yang dilaksanakan di daerah itu di pimpin oleh komandan upacara Kapten Inf Sudarmanto dari Yonif 141 Jaya Yudha Curup dan bertindak selaku inpsektur upacara Bupati Rejanglebong, Suherman sedangkan untuk pembacaan naskah teks proklamasi dibacakan wakil ketua II DPRD Rejanglebong, Surya ST. 

Upacara yang diikuti seribuan peserta yang berasal dari dari PNS dilingkungan Pemkab Rejanglebong, karyawan BUMN dan Perbankan, kemudian anggota TNI dari Kodim 0409 Rejanglebong, Polres Rejanglebong, kompi-A Brimob Curup dan Yonif 141 Jaya Yudha Curup serta ratusan pelajar SD, SMP dan SMA dari 15 kecamatan di daerah itu.

Pada upacara peringatan HUT RI ke 70 kali ini, pihak panitia penyelenggara sebelum peringatan detik-detik proklamasi dilaksanakan juga menyuguhkan pementasan drama teatrikal dari puluhan pelajar SMAN 1 Curup, yang menceritakan perjuangan masyarakat Kabupaten Rejanglebong saat merebut kemerdekaan dari tangan penjajah Belanda pada 1937-1945.

Sementara itu usai pelaksanaan upacara HUT RI ke 70, Bupati Rejanglebong memberikan bingkisan kepada veteran dan janda veteran yang telah berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan di wilayah itu.

Selain memberikan bingkisan kepada veteran dan janda veteran Pemkab Rejanglebong juga menyerahkan penghargaan kepada 82 PNS di daerah itu, berupa penghargaan satyalancana karya untuk pengabdian 10 sampai 30 tahun.

"Penghargaan Satyalancana karya untuk pengabdian 10, 20 dan 30 tahun. Penghargaan ini diberikan sesuai dengan keputusan Presiden RI dalam setiap peringatan HUT Kemerdekaan RI," kata Bupati Rejanglebong, Suherman usai acara.

Kepala kalangan PNS yang menerima penghargaan Satyalancana karya tersebut dia berharap, agar kedepannya mereka dapat meningkatkan prestasi dalam bentuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di daerah itu.

Para penerima penghargaan ini berasal dari dinas/instansi di lingkungan Pemkab Rejanglebong, salah satunya ialah Plt Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Zulkarnain yang menerima penghargaan untuk pengabdian 30 tahun, kemudian tenaga kesehatan, tenaga pendidikan hingga para camat.

Pada peringatan HUT RI tahun ini yang menjadi kegiatan terakhir di masa jabatannya sebagai Bupati Rejanglebong, setelah 10 tahun memimpin daerah itu dia juga mengimbau kalangan masyarakat setempat untuk mengisi kemerdekaan yang telah direbut para pejuang terdahulu dengan kegiatan pembangunan. (Adv)

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015