Mukomuko (Antara) - Karang Taruna Desa Pulau Baru, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melepas sebanyak 70 tukik atau anak penyu di Pantai Batu Kumbang di wilayah itu untuk memperingati HUT ke-70 RI.

"Dalam rangka HUT ke-70 RI kami melepas sebanyak 70 tukik," kata Pengurus Karang Taruna Desa Pulau Baru, Kecamatan Ipuh, Hendri di Mukomuko, Selasa.

Pelepasan sebanyak puluhan tukik di pantai yang berjarak sekitar 160 kilometer sebelah utara Kota Bengkulu itu itu dihadiri oleh ratusan masyarakat setempat dan unsur tripika di daerah itu.

Ia mengatakan, tema kegiatan pelepasan tukik dalam rangka HUT RI ke-70 itu adalah mengajak masyarakat menjaga lingkungan hidup di daerah itu.

Kegiatan ini, katanya, atas kerja sama karang taruna di desa ini dengan kelompok pemuda dan pemudi pegiat alam dan lingkungan hidup (KP3LH) Desa Air Hitam.

"Puluhan tukik ini kami peroleh dari KP3LH Desa Air Hitam. Dan kelompok ini juga dilibatkan dalam pelepasan tukik ini," ujarnya.

Karang taruna di wilayahnya, katanya, mengapresiasi kegiatan kelompok yang selama ini menjaga dan memelihara habitat penyu di daerah itu.

Kedepan, ia berharap, karang taruna di desanya turut serta membantu untuk menjaga habitat penyu agar lestari di daerah itu.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015