Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu membagikan seribu bibit tanaman cabai ke seluruh organisasi perangkat daerah di lingkup pemerintah kota guna mendukung gerakan untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan.

"Ini sebagai stimulan gerakan menanam di pekarangan. Selain cabai, kita berharap di setiap OPD juga menanam komoditi lainnya, seperti sayur-sayuran," kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu Adriansyah di Bengkulu, Senin.

Menurut dia, pembagian bibit tanaman cabai merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat ketahanan pangan dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang tersedia.

Ia menyampaikan bahwa setiap organisasi perangkat daerah (OPD) dan pegawai pemerintah di Kota Bengkulu didorong untuk menanam bibit tanaman cabai dan bibit sayuran di lahan yang tersedia, termasuk di pekarangan.

"Memanfaatkan lahan tidur ini dapat membantu mengurangi laju inflasi karena dapat meningkatkan produksi barang dan jasa. Salah satu cara memanfaatkan lahan tidur ialah dengan meningkatkan produksi pertanian," kata dia.

Asisten II Kota Bengkulu Sehmi menerangkan bahwa Penjabat Wali Kota Bengkulu telah mengimbau seluruh aparatur pemerintah dan warga agar memanfaatkan pekarangan dan lahan kosong di lingkungan kantor untuk menanam tanaman pangan.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024