Madrid (Antara/AFP) - Barcelona tidak akan perlu menunggu terlalu lama untuk berusaha memperbaiki kesalahan-kesalahan yang membuat mereka kalah dari Athletic Bilbao pada Piala Super Spanyol, ketika mereka kembali ke San Mames pada Minggu untuk memainkan pertandingan pembukaan Liga Spanyol.

Sang juara Eropa takluk 0-4 di markas Bilbao sepekan silam, ketika pertahanan tim Katalan itu gagal menjinakkan Aritz Aduriz, yang menyarangkan trigol dan kemudian juga memasukkan gol pada pertandingan leg kedua ketika tim asal Baque itu menang agregat 5-1.

Pelatih Barca Luis Enrique bahkan memiliki lebih banyak masalah di sektor pertahanan ketika timnya ingin membalas dendam di kancah liga.

Gerard Pique diskors empat pertandingan setelah diusir keluar lapangan pada pertandingan leg kedua Piala Super Spanyol yang berakhir 1-1 pada Senin, karena melecehkan ofisial pertandingan.

Jordi Alba masih diragukan dapat tampil karena cedera otot paha belakang, sedangkan Neymar belum kembali berlatih sejak ia didiagnosa menderita gondong dua pekan silam.

Sang pelatih juga harus memilih siapa yang akan bermain di depan gawang. Claudio Bravo melakukan penamplan perdananya di musim ini pada pertandingan kandang melawan Athletic setelah Marc-Andre ter Stegen terpilih untuk dua pertandingan pertama musim ini, di mana Barca kemasukan delapan gol.

Bravo merupakan kiper inti di Liga Spanyol musim lalu, sedangkan Ter Stegen bermain di Piala Raja dan Liga Champions.

"Akan menyenangkan bagi saya untuk bermain di Liga Spanyol, namun saya tidak tahu apakah saya akan melakukannya. Itu adalah keputusan yang diambil pelatih. Untuk saat ini, kami perlu berlatih dan bekerja keras," kata Ter Stegen.

"Pique merupakan pemain penting untuk kami, kami akan merindukannya, namun kami harus berusaha dan melakukan yang terbaik tanpa kehadirannya."

Athletic juga memiliki masalah-masalah cedera di mana Inaki Williams dan Ander Iturraspe masih meragukan untuk dapat tampil, dan mereka berpeluang harus membayar mahal untuk jadwal padat sepekan terakhir, setelah parade di mana Bilbao merayakan trofi pertama mereka selama 31 tahun, tim Basque itu kembali bermain di Liga Europa dengan menghadapi tuan rumah MSK Zilina di Slovakia.

    
Tantangan Benitez di Real
Real Madrid memulai kehidupan di bawah Rafael Benitez dengan melawat ke markas tim promosi Sporting Gijon pada Minggu.

'Si Putih' tidak tampil impresif sepanjang pra musim, menambahi keraguan apakah Benitez merupakan sosok yang tepat untuk menggantikan Carlo Ancelotti setelah semusim di mana Real gagal memenangi satupun trofi utama.

"Saya melihat banyak hal positif dan jika kami bermain seperti itu saya akan gembira, namun kami masih memiliki banyak hal untuk dikembangkan, yang merupakan hal positif," kata Benitez, setelah gol larut Marcelo membawa mereka mengalahkan Galatasaray pada pertandingan persahabatan terakhir mereka pada tengah pekan.

Benitez kemungkinan tidak akan dapat memainkan Pepe dan Karim Benzema, di mana keduanya absen pada sebagian besar pra musim karena cedera, sehingga Gareth Bale berpeluang dipasangkan dengan Cristiano Ronaldo di lini depan di mana pria asal Wales itu diharapkan memainkan peran yang lebih ke tengah pada musim ini.

Dengan langkah Real yang tidak terlalu ramai pada bursa transfer dan larangan terhadap Barcelona untuk mendaftarkan pemain-pemainnya, maka juara 2014 Atletico Madrid menjadi klub yang paling banyak berbelanja pada musim panas.

Pasukan Diego Simeone terlihat mempersiapkan diri dengan baik untuk mencoba kembali meraih gelar, dengan merekrut Jackson Martinez dan Luciano Vietto dari FC Porto dan Villarreal, untuk mendukung Antoine Griezmann dan Fernando Torres di lini depan.

Atletico menghadapi tim promosi Las Palmas di Vicente Calderon pada Sabtu, ketika tim kecil itu kembali ke kompetisi strata tertinggi untuk pertama kalinya dalam 13 tahun.

Valencia membuka musim ini dengan baik berkat kemenangan 3-1 atas AS Monaco pada Rabu pada pertandingan leg pertama playoff Liga Champions, namun mereka menghadapi perjalanan berat ke markas Rayo Vallecano pada pertandingan pembukaan di liga.  

Malaga dan Sevilla mendapat kehormatan untuk membuka musim liga, ketika mereka saling berhadapan pada Jumat malam di 'derby Andalusia.

    
   Jadwal pertandingan Liga Spanyol (waktu dalam GMT):
   Jumat
   Malaga vs Sevilla (18.30)

   Sabtu
   Deportivo la Coruna vs Real Sociedad, Espanyol vs Getafe (keduanya dimainkan pukul 16.30), Atletico Madrid vs Las Palmas (1830), Rayo Vallecano vs Valencia (20.30)
  
   Minggu
   Athletic Bilbao vs Barcelona (16.30), Sporting Gijon vs Real Madrid (18.30), Levante vs Celta Vigo (20.00), Real Betis vs Villarreal (20.30)

   Senin
   Granada vs Eibar (18.30) 

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015