Turin (Antara/AFP) - Gol-gol dari Lucas Biglia dan Ricardo Kishna mengamankan kemenangan 2-1 atas Bologna dan memberikan posisi puncak klasemen kepada Lazio, pada hari pembukaan Liga Italia Sabtu.

Tim yang finis di peringkat ketiga pada musim lalu, Lazio mengambil satu langkah maju menuju fase grup Liga Champions setelah menang 1-0 atas Bayer Leverkusen pada pertandingan leg pertama playoff mereka pekan lalu.

Beberapa hari sebelum pertandingan leg kedua di Jerman, pasukan Stefano Pioli menorehkan kemenangan perdana mereka terhadap apa yang diharapkan akan menjadi musim yang lebih sukses, meski itu didapat dengan harga mahal di mana gelandang Biglia harus ditandu keluar lapangan karena cedera betis pada babak kedua.

Biglia membawa tuan rumah memimpin pada menit ke-20 ketika ia menembakkan bola melewati Antonio Mirante setelah sapuan buruk dari Bologna.

Pioli memberikan Kishna -- yang didatangkan dari Ajax pada Juli -- kesempatan melakukan debut di lini depan, bersama dengan penyerang Keita Balde dan pemain internasional Italia Antonio Candreva, dan pemain 20 tahun itu segera mencetak gol.

Umpan silang Candreva menemukan jalan untuk mencapai Kishna, yang kemudian mengendalikan bola dan memasukkannya ke gawang untuk memberikan start nyaris sempurna di Liga Italia.

"Tiga angka sangat membakar semangat. Saya gembira telah mencetak gol," kata Kishna, yang memiliki darah Belanda-Suriname.

Bologna mengurangi ketertinggalan menjelang turun minum ketika Matteo Mancosu, juga melakukan debutnya di Liga Italia, berlari mengejar bola panjang untuk memasukkan bola ke gawang yang dijaga Etrit Berisha.

Biglia harus ditandu keluar lapangan tidak lama setelah babak kedua dumulai, dan ia diragukan dapat bermain pada pertandingan melawan Leverkusen yang berlangsung pada Rabu.

"Kami belum tahu seberapa parah cederanya namun kami berharap itu tidak serius, ia krusial bagi kami," kata Pioli, yang frustrasi kepada pemainnya karena memberikan harapan kepada Bologna untuk menyamakan kedudukan.

"Kami menderita lebih banyak daripada yang mestinya kami terima dan semestinya mengamankan tiga angka ketika kami mendapatkan kesempatan."

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, bek kanan Alessandro Florenzi mencetak gol penyama kedudukan pada babak kedua untuk membawa timnya bermain imbang 1-1 di markas Verona, ketika Roma memulai perjalanannya di musim Liga Italia dengan penampilan yang tidak meyakinkan.

Verona sulit dikalahkan di markas mereka Stadion Bentegodi, dan Bosko Jankovic membawa pasukan Andra Mandorlini itu memimpin pada menit ke-60 setelah mendapat bola dari Emil Halfredsson untuk menaklukkan Wojciech Szczesny yang mengawal gawang Roma.

Florenzi menyamakan kedudukan lima menit kemudian, ketika ia menaklukan Rafael dengan tembakan dari luar kotak penalti, dan tim tamu kemudian menciptakan sejumlah peluang pada fase akhir pertandingan, namun skor tetap imbang sampai pertandingan usai.

Roma mendatangkan Edin Dzeko dan Mohamed Salah sebagai pemain pinjaman pada bursa transfer musim panas, namun tandukan Dzeko melambung dari situasi tendangan sudut dan peluang-peluang berikutnya dari Miralem Pjanic dan Radja Nainggolan tidak tepat sasaran.

Hasil imbang ini mengakhiri harapan Roma untuk memulai musim dengan meyakinkan seperti yang merema lakukan dua tahun silam, ketika mereka mengukir rekor di Liga Italia dengan sepuluh kemenangan beruntun pada pertandingan-pertandingan pembukaan.

Pelatih Rudi Garcia menegaskan hasratnya untuk mengulang laju kemenangan yang impresif itu, namun mengakui Verona sulit ditaklukkan.

"Kami berusaha untuk menghancurkan Verona sebisa mungkin, namun mereka merupakan tim tangguh yang sulit dikalahkan di kandang," kata pria asal Prancis itu.  

"Namun saya gembira dengan sikap positif para pemain. Kami memberikan segalanya namun pada akhirnya tidak mampu mendapatkan tiga angka.

Ujian besar pertama Roma musim ini datang lebih awal, ketika mereka pada pekan depan akan menjamu Juventus di Stadio Olimpico.

Juventus, juara Liga Italia dan Piala Italia musim lalu serta menjadi finalis Liga Champions, akan menjamu Udinese pada Minggu.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015