Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan sebanyak 5.712 Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat melakukan penanaman 5.712 aneka jenis pohon di masing-masing wilayah.
  
Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Rejang Lebong Buyono di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan kegiatan penanaman pohon ini dilakukan bersamaan dengan pelantikan 5.712 KPPS yang bertugas dalam 156 desa/kelurahan di Rejang Lebong.

"Petugas KPPS di Kabupaten Rejang Lebong ini sebanyak 5.712 orang, di mana setiap orang menanam sebatang pohon. Penanaman ini dilakukan setelah KPPS dilantik oleh ketua PPS atas nama Ketua KPU Kabupaten Rejang Lebong pada hari ini," kata dia.

Dia menjelaskan, aksi penanaman pohon yang dilakukan petugas KPPS ini dilakukan serentak Seluruh Indonesia, di mana pohon yang ditanam adalah tanam kayu keras.

Kegiatan penanaman pohon itu, kata dia, dilakukan dalam rangka melestarikan lingkungan. Dimana diketahui, pada Pemilu 2024 KPU banyak menggunakan kertas sehingga untuk penggantinya yakni dengan melakukan penanaman pohon. 

Dia berharap penanaman pohon tersebut dapat membantu upaya penghijauan yang dilakukan oleh pemerintah dan sebagai bentuk komitmen KPU dalam menjaga kelestarian lingkungan. 

"Untuk lokasi yang saya tanam hari ini sengaja dipilih di tepian Sungai Musi, ini dilakukan sebagai upaya mencegah abrasi mengingat Sungai Musi merupakan sungai terbesar di wilayah Rejang Lebong," terangnya.

Kades Tabarenah, Kecamatan Curup Utara Yushendri menyatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan KPU Kabupaten Rejang Lebong di desa yang dipimpinnya itu dan berjanji akan merawatnya sehingga bisa tumbuh dan menjaga DAS Musi tetap lestari.

"Ini adalah langkah yang baik sebagai upaya mencegah abrasi Sungai. Tentu pohon-pohon ini yang sudah ditanam, akan kami rawat serta jaga agar bisa tumbuh besar," tegas dia.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024