Rejanglebong (Antara) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia akan memberikan bantuan bidang perikanan di daerah ini, kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu, Amrul Eby, di Rejanglebong, Kamis.

"Menindaklanjuti kerja sama antara Pemkab Rejanglebong dan LIPI pada tahun 2014 lalu, dan sebelumnya bantuan yang diberikan baru sebatas pelatihan bidang perikanan dalam Program Ilmu Pengetahuan Tekhnologi Daerah. Bantuan yang akan diberikan tahun ini berupa mesin penebung dan pencetak pelet ikan," katanya lagi.

Bantuan yang diberikan LIPI tersebut, ujar dia, berupa satu unit mesin penebung dan pencetak pelet ikan.

Bantuan itu akan diberikan kepada tiga kelompok petani ikan di Kecamatan Curup Utara.

Bantuan peralatan pemeroduksi pakan ikan tersebut, kata dia, diberikan kepada tiga kelompok petani ikan yang tergabung dalam kelompok UMKM budidaya ikan di Kabupaten Rejanglebong yang selama ini sudah mandiri dan tidak lagi bergantung pada bantuan dari pemkab setempat.

Tiga kelompok petani ikan di Kecamatan Curup Utara yang mendapat bantuan itu adalah kelompok yang terpusat di Danau Talang Kering, yaitu kelompok Raflesia, Maju Jaya, dan Harapan Maju.

Tiga kelompok ini selain sudah mandiri, juga telah memanfaatkan permodalan usaha dari perbankan untuk pengembangan usahanya.

Pemberian bantuan peralatan pendukung ini bertujuan membantu kelompok dalam pemenuhan kebutuhan pakan ikan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di Rejanglebong.

Bahan makanan ikan itu adalah jagung, bekatul, dan beberapa lainnya, sehingga dapat menghemat 50 persen pengeluaran mereka.

Pelaksaannya akan mendapat bimbingan atau pendampingan dari LIPI.

Bantuan yang diberikan LIPI tersebut berupa bantuan bergulir, sehingga setiap kelompok tani diwajibkan mengembalikan dana yang digunakan untuk pembelian alat pengolah pakan ikan yang diterima masing-masing kelompok.

"Pengembalian bantuan pembelian peralatan ini tidak dikembalikan ke LIPI, tapi akan dibelikan peralatan serupa untuk petani ikan lainnya di Rejanglebong. Bantuan akan digulirkan kepada kelompok lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelompok," ujarnya pula.

Dia berharap, kerja sama dan bantuan yang diberikan LIPI ini ke depannya dapat terus berjalan, sehingga dapat membantu petani ikan dalam 15 kecamatan di Rejanglebong selanjutnya dapat mengembangkan usaha perikanan darat.***1***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015