Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyiapkan dana kelurahan sebesar Rp6,8 miliar untuk 34 kelurahan yang ada di daerah itu.

Kepala Bagian Pemerintahan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong Bobby Harpa Santana saat dihubungi di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan, dana bantuan kelurahan tersebut sudah digulirkan sejak 2022 dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengentaskan kemiskinan.

"Bantuan kelurahan tahun 2024 sudah disiapkan sebesar Rp6,8 miliar, nantinya masing-masing kelurahan dapat bantuan sebesar Rp200 juta," kata dia.

Dia menjelaskan, bantuan kelurahan yang akan diterima masing-masing kelurahan ini di antaranya sebesar Rp100 juta diperuntukkan menunjang program prioritas sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong.

Dana terkait pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan UMKM, kelompok masyarakat maupun untuk kelembagaan yang ada di kelurahan.

Selanjutnya anggaran sebesar Rp100 juta lagi, kata dia, akan digunakan untuk kegiatan fisik guna menunjang kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Proses pencairan bantuan untuk 34 kelurahan itu, menurut dia, diajukan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rejang Lebong.

Penggunaan anggaran bantuan kelurahan ini juga sudah disosialisasikan bersama Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) setempat kepada 34 kelurahan agar penggunaannya tidak salah.

Dia berharap dana bantuan kelurahan itu dapat dimanfaatkan oleh masing-masing kelurahan sebaik mungkin sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat maupun pengembangan UMKM serta memenuhi ketersediaan sarana prasarana fisik.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024