Sebanyak 15 orang finalis memperebutkan mahkota Putri Mandalika dalam rangkaian menyambut Festival Bau Nyale di Pantai Seger, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 29 Februari -1 Maret 2024.

"Para juri harus bisa memberikan penilaian yang adil dan profesional, karena mereka ini merupakan generasi penerus yang bisa membawa Lombok Tengah lebih baik ke depannya," kata Bupati Kabupaten Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri saat membuka acara tersebut di halaman kantor bupati setempat, Sabtu.

Ia mengatakan kegiatan lomba pemilihan Putri Mandalika ini merupakan agenda rutin untuk meramaikan festival Bau Nyale (menangkap cacing laut) di Pantai Seger, KEK Mandalika.

Putri Mandalika rela mengorbankan diri untuk kepentingan masyarakat atau orang banyak, sehingga dinilai memiliki hati yang bijaksana dan suci.

"Kepada para peserta harus bisa seperti Putri Mandalika yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," katanya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan pergerakan ekonomi masyarakat, sehingga pemerintah daerah terus melaksanakan berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kegiatan seperti ini harus bisa menggerakkan ekonomi para UMKM atau masyarakat Lombok Tengah," katanya.

Selain itu, diharapkan kegiatan pemilihan Putri Mandalika ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan di Lombok Tengah.

"Semakin banyak wisatawan yang datang, ekonomi masyarakat akan semakin bergerak," katanya.

Sebelumnya, Setelah dilakukan berbagai rangkaian seleksi, sebanyak 15 orang telah ditetapkan dan berhasil menjadi finalis Putri Mandalika Nusa Tenggara Barat 2024.

Selain memperebutkan Mahkota Putri Mandalika, 15 Finalis ini juga akan memperebutkan nominasi Putri Mandalika Pariwisata, Putri Mandalika Kebudayaan, Putri Mandalika Persahabatan dan Putri Mandalika Favorite.

Pewarta: Akhyar Rosidi

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024