Bengkulu (Antara) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa Bengkulu mulai memasuki musim hujan meski belum merata di seluruh wilayah di daerah itu.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Bengkulu Sudiyanto di Bengkulu, Senin, mengatakan awal musim hujan di Bengkulu lebih awal dari perkirakan yakni pertengahan Oktober 2015.

"Dua hari ini Bengkulu sudah diguyur hujan meski belum merata di seluruh wilayah," kata Sudiyanto.

Ia mengatakan sejumlah wilayah yang sudah diguyur hujan antara lain sebagian wilayah Lebong, Rejanglebong, Mukomuko, Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu.

Prakiraan cuaca yang dirilis BMKG pada Senin (28/9) memprediksi sembilan wilayah di Bengkulu akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Wilayah yang diguyur hujan yakni wilayah Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Curup Kabupaten Rejanglebong, Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara, Bintuhan Kabupaten Kaur, Tais Kabupaten seluma, Mukomuko Kabupaten Mukomuko, Tubei Kabupaten Lebong dan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang dan Kota Bengkulu.

Ia menambahkan bahwa memasuki musim penghujan, arah angin bertiup dari Selatan dengan prakiraan suhu udara antara 23 hingga 32 derajat celcius, kecepatan angin 32 kilometer per jam dan kelembaban antara 66 hingga 98 persen.

Musim penghujan yang mulai melanda wilayah Bengkulu membuat kabut asap mulai menipis di daerah ini.

"Hujan dua hari ini membuat asap menipis dan mudah-mudahan asap secepatnya hilang," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Damin.

Ia mengatakan asap yang menyelimuti wilayah Bengkulu sebagian besar berasal dari provinsi tetangga antara lain Sumatera Selatan dan Jambi.***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015