Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyiapkan pelaksanaan manasik haji tingkat kecamatan bagi 238 calon haji asal daerah itu.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Rejang Lebong M Adityawarman Budi saat dihubungi di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan Kabupaten Rejang Lebong pada Tahun 2024/1445 Hijriah menerima kuota haji sebanyak 229 orang dan kuota tambahan sembilan orang sehingga totalnya menjadi 238 orang.

"Pelaksanaan manasik haji tingkat kecamatan ini akan dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri nanti, akan dilaksanakan sebanyak delapan kali," kata dia.

Dia menjelaskan, pelaksanaan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan ini dilakukan setelah sebelumnya pada 6-7 Maret lalu bertempat di Masjid Agung Baitul Makmur Rejang Lebong.  

Pelaksanaan manasik haji tingkat kecamatan tersebut, kata dia, baru akan dilaksanakan bulan depan karena selama bulan puasa Ramadhan ini para jamaah calon haji (JCH) dari 15 kecamatan di Rejang Lebong akan fokus pada kegiatan ibadah Ramadhan.

Untuk pelaksanaan manasik haji tingkat kecamatan ini nantinya akan dilaksanakan dalam empat lokasi, di mana setiap kecamatan calon haji yang akan mengikutinya berasal dari beberapa kecamatan terdekat.

Dia mengimbau para calon haji Kabupaten Rejang Lebong agar selalu menjaga kesehatan sehingga saat akan berangkat haji nanti tidak terkendala dengan kesehatan masing-masing.  

Sebelumnya, sebanyak 238 calon haji asal Kabupaten Rejang Lebong itu telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) Tahun 2024/1445 Hijriah sebesar Rp51.739.357. 

Kalangan JCH Rejang Lebong ini juga telah menjalani pemeriksaan kesehatan tahap pertama di enam puskesmas yang ditunjuk dan untuk tahap kedua berupa medical chek up dilakukan di RSUD Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024