Bengkulu (Antara) - Sebanyak 40 orang jurnalis berbagai media massa dari empat provinsi di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) mengikuti pelatihan tentang perekonomian domestik dan global yang digelar Bank Indonesia.

Kepala Unit Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, Gunawan mengatakan pelatihan jurnalis se-Sumbagsel yang digelar di Pulau Belitung Provinsi Bangka Belitung bertujuan meningkatkan pemahaman para jurnalis tentang peran dan tugas Bank Indonesia (BI).

"Juga untuk membahas perkembangan perekonomian terkini baik domestik maupun global," kata Gunawan di Belitung, Senin.

Ia mengatakan pelatihan wartawan se-Sumbagsel tersebut merupakan agenda dari Departemen Komunikasi Kantor Pusat BI.

Pelatihan wartawan Se-Sumbagsel tersebut melibatkan jurnalis dari Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung yang berlangsung selama empat hari.

Beberapa tema pembahasan yang akan diangkat dalam pelatihan itu antara lain perkembangan ekonomi global dan domestik dan kebijakan terkini BI.

Selain membahas dinamika perekonomian Indonesia di tengah turbulensi perekonomian global, para jurnalis juga akan mengunjungi salah satu lokasi kelompok petani cabe binaan BI.

"Kunjungan lapangan untuk melihat lebih dekat, bagaimana BI mencoba menstimulus ekonomi kerakyatan dengan memaksimalkan potensi lokal," katanya.

Pelatihan juga diisi dengan diskusi tentang peluang bagi perekonomian Indonesia di tengah turbulensi global yang mendatangkan pembicara dari BI dan sejumlah redaktur senior.

Bahkan dalam pelatihan ini para jurnalis akan terlibat dalam simulasi Rapat Dewan Gubernur BI.

"Melalui simulasi ini, wartawan akan melihat langsung bagaimana rapat Dewan Gubernur BI berlangsung dan materi rapat yang umum dibahas," katanya. ***3***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015