Gava, Spanyol (Antara/AFP) - Pemain Barcelona Javier Mascherano mengakui dua tuduhan penipuan pajak sebesar lebih dari ¿ 1,5 juta euro (1,64 juta dolar AS) di hadapan hakim pada hari Kamis.

Mascherano hadir di pengadilan di Gava, sebuah kota pesisir di pinggiran Barcelona di mana pemain itu bermukim, pada pukul 09.00 waktu setempat (0800GMT) didampingi oleh pengacaranya.

Dalam kesaksiannya pada lima menit sebelum pengadilan berlangsung ia mengakui telah melakukan kejahatan.

Jaksa negara Spanyol menduga mantan gelandang West Ham dan Liverpool itu gagal memberikan penjelasan tentang pendapatannya sebesar lebih dari 1,5 juta euro pada tahun 2011 dan 2012 dari hak iklan untuk perusahaan miliknya di Portugal dan Amerika Serikat.

"Mascherano mengakui fakta-fakta dari dua tuduhan penipuan pajak, sehingga tidak perlu menginterogasinya," kata sumber peradilan.

Sebuah tuntutan pengadilan yang dirilis bulan lalu menegaskan bahwa Mascherano menyimpan hampir 1,75 juta euro dengan otoritas pajak pada 9 September untuk membayar sejumlah utang ditambah bunganya.

Hakim sekarang harus memutuskan apakah kasus ini akan dilimpahkan ke pengadilan.

Namun, mengingat pemain itu telah mengakui kesalahannya dan akan membayar jumlah utang ditambah bunga, maka kemungkinan penuntutan akan berakhir pada kesepakatan dalam bentuk denda sebelum melangkah ke pengadilan.

Mascherano merupakan salah satu pemain sepak bola papan atas yang akan diselidiki oleh otoritas pajak di Spanyol setelah deklarasi uang-uang yang didapatkan dari hak siar.

Rekan setimnya di Barcelona asal Argentina Lionel Messi juga akan diadili bersama ayahnya untuk penipuan pajak yang diduga sebesar 4,16 juta dari dengan hak iklannya antara tahun 2006 dan 2009.

Mascherano juga berada dalam kesulitan lain di lapangan saat ia harus absen setelah dilarang main di dua pertandingan pada Rabu karena menghina wasit sehingga ia dikeluarkan saat Barca menang 3-1 atas Eibar akhir pekan lalu.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015