Bengkulu (ANTARA) - Universitas Bengkulu (UNIB) membatasi jumlah peserta wisuda periode ke-77, yaitu hanya 1.000 wisudawan yang akan dilaksanakan pada 16 Desember 2015.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UNIB Adityo Pratikno Ramadhan di Bengkulu, akhir pekan ini, mengatakan panitia telah melakukan evaluasi wisuda periode sebelumnya yang diikuti sekitar 1.400 wisudawan, dan tempat acara tidak muat untuk orang sebanyak itu.

"Belum lagi ada keluarga yang mendampingi, sehingga wisuda ke-77 akan dibatasi hanya 1.000 peserta," katanya.

Wisuda periode 76 yang dilaksanakan Agustus 2015 itu terpaksa dilakukan selama dua hari akibat jumlah wisudawan yang melebihi kapasitas Gedung Serba Guna UNIB.

"Nyamannya, GSG UNIB hanya berkapasitas 1.000 wisudawan, kemudian ditambah dengan keluarga wisudawan, setiap wisudawan membawa tiga orang keluarganya, oleh sebab itu wisuda saat itu dapat dilakukan satu hari" kata Adit.

Adit juga mengatakan setiap mahasiswa yang mendaftar wisuda akan mendapat nomor urut, hanya nomor satu hingga seribu sajalah yang akan diwisuda pada periode 77.

"Peserta dengan nomor urut selebihnya akan wisuda pada April 2016," katanya.

Pendaftaran wisuda periode 77 sudah dimulai sejak 4 September 2015 dan berakhir pada 20 November 2105.

"Kami jauh-jauh hari telah memberi tahu masalah ini, oleh sebab itu mahasiswa juga harus lebih cepat menyelesaikan perkuliahannya dan segera mendaftar. Apabila mendapat nomor urut 1.001, itu adalah resikonya" kata Adit.

Sementara calon wisudawan UNIB, Monika Sisilia berharap mahasiswa yang telah selesai kuliah bisa segera diwisuda tanpa ada batasan jumlah sehingga yang bersangkutan bisa fokus ke dunia kerja.

"Kasihan seandainya mahasiswa itu harus menunggu bulan April 2016, padahal dia bisa wisuda bulan Desember 2015. Apalagi jika dia berencana akan merantau di daerah lain, kan repot jadinya" kata calon wisudawan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis ini.

UNIB yang merupakan perguruan tinggi negeri terbesar di Bengkulu setiap tahun menggelar acara wisuda yakni pada bulan April, Agustus dan Desember. ***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015