PT Kereta Api Indonesia (KAI), salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengoperasikan layanan kereta api di Indonesia, mengumumkan pembukaan rekrutmen untuk program Management Trainee tahun 2024. 

Program ini dibuka dengan persyaratan khusus yang mencakup Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,5 dan skor TOEFL minimal 500.

PT KAI juga membagi bidang pekerjaan, seperti terminal dan logistik, digital business, nontransport commercialization, operation, track and bridge maintenance, dan bidang lainnya yang terdapat dalam postingan akun resmi PT KAI di Instagram.

Menurut pengumuman yang diunggah di akun Instagram resmi PT KAI (@keretaapikita), calon pelamar harus memiliki gelar sarjana (S1) dari jurusan yang relevan dengan kebutuhan perusahaan.

Selain itu, pelamar juga harus memenuhi beberapa kualifikasi tambahan seperti kewarganegaraan Indonesia, memenuhi kriteria tinggi badan minimum, dan berusia antara 21 hingga 30 tahun.

Baca juga: KAI apresiasi petugas temukan barang penumpang bernilai ratusan juta
Baca juga: Ada 113 lowongan PNS Kota Bengkulu tahun 2024

Unggahan tersebut telah menarik banyak perhatian dan komentar dari netizen. Beberapa menganggap persyaratan yang ditetapkan oleh PT KAI cukup tinggi dan tidak masuk akal, sementara yang lainnya mendukung kebijakan ini sebagai upaya mencari kandidat yang berkualitas.
Penumpang menikmati layanan Kereta Api Papandayan. (ANTARA/HO-PT KAI Daop 2 Bandung)


"Orang kalau dengan syarat segitu mah udah bisa nego gaji sama company luar," kata salah satu pengguna Instagram @riri_qomarai**, menunjukkan bahwa syarat-syarat tersebut dianggap setara dengan standar internasional.

“PANTES DI INDONESIA BANYAK PENGANGGURAN, PERSYARATAN KERJANYA RIBET,” ujar @dika,jakarta**.

Salah satu netizen, @yusufardiantnugra** menyambut baik inisiatif PT KAI, “Lah kan management trainee emg khusus buat cari leader berkualitas, maka dari itu butuh speck diatas rata2… Gak sembarang orang bisa jd leader.”

Namun di sisi lain, ada juga komentar unik dan lucu dari warganet dalam menanggapi persyaratan tersebut.

Baca juga: Bupati Mukomuko periksa kehadiran ASN hari pertama kerja
Baca juga: Pemkab Rejang Lebong akan tindak ASN mangkir kerja setelah Lebaran

“Sekelas KAI aja masih membatasi pake Akreditasi, TOEFL, IPK 3.5 ga sekalian bisa kendaliin air api tanah dan udara min?,” canda @ramadhanaagung**.
 
Sejumlah penumpang menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Senin (15/4/2024). ANTARA FOTO/Didik Suhartono/YU


Pendaftaran untuk posisi ini dibuka mulai tanggal 17 hingga 22 April 2024, dengan seluruh proses pendaftaran dilakukan melalui situs resmi e-recruitment.kai.id.

PT KAI juga mengingatkan calon pelamar untuk mewaspadai penipuan yang mengatasnamakan perusahaan, menekankan bahwa tidak ada biaya yang diperlukan untuk mendaftar dan tidak ada penggantian biaya transportasi atau akomodasi yang ditanggung oleh perusahaan.

Pengumuman rekrutmen ini merupakan bagian dari upaya PT KAI untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memperkuat peranannya dalam menyediakan layanan transportasi darat yang efisien di Indonesia. Dengan syarat-syarat yang ketat, PT KAI berharap dapat menarik talenta-talenta terbaik yang akan membantu perusahaan mencapai tujuan strategisnya.

Baca juga: Mobil pemudik tertabrak kereta api hingga terpental dan terbalik
Baca juga: Ukraina: Jalan kereta api jalur Rusia-Krimea 'target militer yang sah'
 
Pekerja melakukan perawatan jalur kereta api di Stasiun Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (2/4/2024). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww.


PT KAI juga menetapkan beberapa kualifikasi tambahan, antara lain:

- Kewarganegaraan Indonesia

- Pria/Wanita (sesuai dengan kebutuhan jabatan)

- Memenuhi tinggi badan (Pria 160 cm dan Wanita 155 cm)

- Usia minimal 21 tahun dan maksimal 30.

KAI  menegaskan bahwa detail informasi mengenai proses pendaftaran hanya akan tersedia di laman resmi e-recruitment.kai.id. Dengan begitu, para calon pendaftar agar berhati-hati jika terjadi penipuan mengatasnamakan KAI.
 

Ketepatan waktu nyaris 100 persen bikin KA jadi andalan mudik lebaran

 

Pewarta: Vonza Nabilla Suryawan

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024