Bengkulu (Antara) - Realisasi penyaluran beras sejahtera di wilayah Provinsi Bengkulu mencapai 95 persen dan ditargetkan terealisasi 100 persen pada akhir tahun.

Kepala Seksi Tata Usaha Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Bengkulu, Roy Wicaksono di Bengkulu, Jumat mengatakan penyaluran beras sejahtera memang dikebut sesuai dengan instruksi Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

"Kami mempercepat penyaluran rastra sehingga dapat terserap 100 persen hingga akhir tahun," kata Roy di Bengkulu.

Ia mengatakan beras sejahtera atau rastra diberikan kepada 121 ribu rumah tangga sasaran di 10 kabupaten dan kota di daerah ini.

Para penerima rastra mendapat 14 kali penyaluran dalam setahun karena pemerintah menyediakan rasta ke-13 dan ke-14 yang dibagikan masing-masing pada Oktober dan November 2015.

"Rastra ke-13 disalurkan pada bulan lalu sedangkan rastra ke-14 disalurkan pada bulan ini," ucapnya.

Beras rastra ditebus dengan harga Rp1.600 per kilogram dan setiap rumah tangga sasaran mendapat beras sebanyak 15 kilogram.

Dengan kuota tersebut, pada Oktober dan November masing-masing rumah tangga sasaran mendapat 30 kilogram beras karena penyalurannya disatukan dengan rastra ke-13 dan rastra ke-14.

Sebelumnya Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat kunjungan kerja ke Bengkulu pada Oktober 2015 menginstruksikan Bulog Bengkulu agar mempercepat penyaluran rastra ke-13 sebab secara nasional realisasinya masih kecil.

Menteri mengatakan penyaluran rastra ke-13 ditargetkan tuntas pada Oktober dan selanjutnya pembagian rastra jatah November digabung penyalurannya dengan rastra ke-14.

Dengan demikian, penyaluran rastra untuk Oktober dan November masing-masing dua kali, sehingga warga penerima rastra mendapat 30 kilogram yang ditebus seharga Rp1.600 per kilogram.***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015