Balikpapan (Antara) - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan bahwa  Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) pada intinya untuk meningkatkan kerja sama dengan sesama anggotanya.

"Kerjasama tersebut diantaranya pada perdagangan, investasi, teknologi dan bermacam -macam ekonomi tumbuh secara baik di situ," kata Jusuf Kalla di Balikpapan, Jumat.

Pada pertemuan KTT APEC di Manila tersebut dihadiri oleh masing-masing pemimpin dari 21 negara maupun entitas anggota.  

"Banyak diputuskan dari kegiatan tersebut diantaranya perdagangan yang lebih baik, kita memberikan dorongan kepada UKM, yaitu untuk menurunkan bunga secara bersama-sama terhadap UKM serta memberikan kesempatan pendidikan yang lebih baik," kata Jusuf Kalla.

Dan kebijakan di Indonesia terkait kesepakatan di KTT APEC misalnya pemberian insentif yang lebih baik, mempermudah dan mempercepat aturan dan aturan yang menghalangi akan diperbaiki, katanya.

Tema yang diangkat dalam CEO Summit APEC 2015 itu adalah "Creating the Future: Better, Stronger, Together" (Menciptakan Masa Depan: Lebih baik, Lebih kuat, Bersama).

Sejalan dengan tema tersebut, Wapres Jusuf Kalla menegaskan ketidakpastian kondisi ekonomi global membuka peluang luas bagi semua pihak untuk bekerja sama dalam bidang ekonomi. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015