Rejanglebong (Antara) - Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, meraih penghargaan kabupaten sehat pada 2015 dari Kementerian Kesehatan untuk kelima kali.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Kabupaten Rejanglebong Zulkarnain, Selasa, menjelaskan daerah itu bersama dengan Kota Bengkulu terpilih menjadi kabupaten dan kota sehat menyisihkan delapan kabupaten lain di Provinsi Bengkulu.

"Rencananya penghargaan ini akan diterima langsung oleh Bupati dari Menteri Kesehatan di Hotel Bidakara Jakarta pada 27 November," kata Zulkarnain.

Keberhasilan daerah itu meraih penghargaan kabupaten sehat untuk yang kelima kali tambah dia, berkat kerja keras dinas/instansi terkait serta dukungan masyarakat dalam 15 kecamatan di Rejanglebong.

Rencananya kedatangan penjabat Bupati Andi Roslinsyah yang membawa penghargaan kabupaten sehat yang kelima kalinya itu kata dia, nantinya akan disambut dengan acara adat di rumah dinas bupati setempat.

Kriteria penilaian kabupaten sehat itu sendiri dilakukan pihak Kementerian Kesehatan terhadap 11 item diantaranya prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kalangan masyarakat setempat, selanjutnya transportasi sehat, sekolah sehat.

Kemudian penyediaan hutan kota sehat dalam artian terjaga kebersihan dan keasriannya, pertambangan sehat, dimana selain melakukan eksplorasi hasil tambang juga dilakukan reklamasi kawasan tambang untuk mencegah kerusakan lingkungan.

Sebelumnya Kabupaten Rejanglebong sendiri sudah meraih empat kali penghargaan kabupaten sehat terhitung 2011,2012,2013,2014. Atas keberhasilan ini Pemkab Rejanglebong pada awal tahun lalu membangun tugu kabupaten sehat di perempatan Pasar Bang Mego, Kecamatan Curup.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015