Stok beras yang dimiliki Perum Bulog Cabang Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu saat ini mencapai 1.044,6 ton yang diperkirakan mencukupi hingga bulan Juli mendatang.

"Stok beras yang ada ini mencukupi untuk masyarakat dalam tiga kabupaten hingga Juli nanti. Stok beras yang kami miliki saat ini sebanyak 1.044,6 ton," kata Kepala Perum Bulog Cabang Rejang Lebong Adzie Zulfikar Rahman saat dihubungi di Rejang Lebong, Selasa.

Dia menjelaskan, stok beras yang ada di Gudang Perum Bulog Cabang Rejang Lebong tersebut terdiri dari beras untuk program public service obligation (PSO) kualitas medium sebanyak 1.017 ton, dan beras komersial dengan kualitas premium sebanyak 27,6 ton.

Untuk beras PSO dengan kualitas medium ini, kata dia lagi, digunakan untuk program pelayanan sosial serta program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Sedangkan beras komersial, kata dia, adalah beras yang dijual ke pasaran bebas dengan kualitas premium dan harga jualnya mengikuti harga pasar.

Menurut dia, stok beras yang mereka miliki itu diperkirakan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat di tiga kabupaten hingga beberapa bulan ke depan.

Sementara itu untuk bahan kebutuhan pokok lainnya yang ada di Bulog daerah itu, kata dia lagi, berupa daging kerbau beku sebanyak 5 ton dan minyak goreng sebanyak 1.200 liter, dan untuk terigu serta gula pasir stoknya masih kosong.

"Dalam waktu dekat ini kami juga akan menyiapkan beras untuk program bantuan pangan tahap IV, mungkin yang pertamanya akan disalurkan ke Kabupaten Lebong kemudian Kepahiang dan Rejang Lebong," ujarnya pula.

Sejauh ini perkembangan harga beras di wilayah itu, menurut dia, saat ini masih stabil dan cenderung turun karena stoknya melimpah seiring karena masih musim panen padi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024