Rejanglebong (Antara) - Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu dinobatkan sebagai Kabupaten Sehat untuk kelima kalinya dengan mendapatkan penghargaan Piala Kabupaten Sehat 2015.

"Kabupaten Rejanglebong merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Bengkulu yang berhasil merebut Piala Kabupaten Sehat lima kali berturut-turut sehingga menjadi kebanggan kita bersama," kata penjabat Bupati Rejanglebong Andi Roslinsyah dalam acara penyambutan Piala Kabupaten Sehat yang dilaksanakan di Desa Tempel Rejo, Kecamatan Curup Selatan, Sabtu.

Andi Roslinsyah yang membawa langsung piala bidang kesehatan dari Jakarta itu mengatakan daerah itu bersama dengan Kota Bengkulu pada tahun ini berhasil merebut piala Kabupaten Sehat 2015.

Penghargaan Swasti Saba Wiwerdha itu merupakan penghargaan yang diberikan Presiden RI terhadap kabupaten atau kota yang memenuhi tujuh standar penilaian yang meliputi pasar, hutan kota, pertanian, industri, perkantoran, sarana rekreasi dan sarana kesehatan.

Penilaian Kabupaten Sehat dilakukan Kementerian Kesehatan dalam jangka waktu dua tahun sekali.

Kabupaten Rejanglebong sudah meraih penghargaan tersebut sejak 2007 lalu dengan kategori Swasti Saba Padapa dengan lima kriteria penilaian.

Terhitung sejak 2009, 2011, 2013 dan 2015 Rejanglebong mendapatkan Piala Kabupaten Sehat kategori Swasti Saba Wiwerdha dengan tujuh kriteria penilaian seperti kondisi pasar yang sehat, hutan kota, pertanian, industri, perkantoran, sarana rekreasi dan sarana kesehatan.

"Kita targetkan untuk selanjutnya bisa merebut penghargaan Kabupaten Sehat kategori Wistara, namun penilaiannya akan lebih banyak," katanya.

Untuk itu ia mengajak semua dinas dan instansi serta masyarakat di Kabupaten Rejanglebong untuk bekerja keras lagi.

Piala Kabupaten Sehat setelah tiba di Rejanglebong akan disambut secara adat dan diterima oleh Wakil Ketua II DPRD Rejanglebong, Surya. Selanjutnya diarak keliling Kota Curup dan disimpan di rumah dinas bupati.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015