Rejanglebong (Antara) - Kedatangan Piala Kabupaten Sehat 2015 yang berhasil diraih Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu untuk yang kelima kalinya ke daerah itu disambut dengan acara adat.

Piala Kabupaten Sehat 2015 itu sendiri sebelumnya pada Jumat malam (27/11) diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan diterima oleh penjabat Bupati Rejanglebong Andi Roslinsyah bertempat di hotel Bidakara Jakarta.

Kabupaten Rejanglebong bersama dengan Kota Bengkulu mendapat penilaian terbaik sehingga untuk kelima kalinya berhasil merebut Piala Kabupaten Sehat 2015 kategori Swasti Saba Wiwerdha.

Penjabat Bupati Rejanglebong Andi Roslinsyah yang membawa langsung piala bidang kesehatan itu tiba di Kabupaten Rejanglebong, Sabtu (28/11) sekitar pukul 11.00 WIB dan disambut oleh wakil Ketua II DPRD Rejanglebong Surya, bersama dengan para kepala dinas/badan, Waka Polres Rejanglebong, Kasdim 0409 Rejanglebong serta ratusan warga yang memadati tenda penyambutan di Desa Tempel Rejo Kecamatan Curup Selatan.

Dalam sambutannya penjabat Bupati Andi Roslinsyah mengatakan, Kabupaten Rejanglebong berhasil meraih Piala Kabupaten Sehat 2015 untuk yang kelima kalinya. Penilaian piala itu sendiri kata dia, dilakukan dua tahun sekali, dimana Rejanglebong sudah merebutnya sejak 2007 lalu dengan kategori swasti saba padapa. 

Selanjutnya terhitung 2009, 2011, 2013 dan 2015 Kabupaten Rejanglebong mendapatkan Piala Kabupaten Sehat kategori swasti saba wiwerdha.

Sedangkan Plt Sekda Kabupaten Rejanglebong, Zulkarnain menambahkan, keberhasilan daerah itu meraih penghargaan kabupaten sehat untuk yang kelima kalinya berkat kerjakeras dinas/instansi terkait serta dukungan masyarakat dalam 15 kecamatan di Rejanglebong.

Penghargaan Kabupaten Sehat itu sendiri kata dia, didapat berdasarkan penilaian pihak Kementerian Kesehatan terhadap 11 item diantaranya prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), transportasi sehat, sekolah sehat.

Selanjutnya penilaian terhadap sarana hutan kota, pertambangan sehat, dimana selain melakukan eksplorasi hasil tambang juga dilakukan reklamasi kawasan tambang untuk mencegah kerusakan lingkungan.(Advertorial)

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015