Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, memberikan penekanan kepada 75 anggota panitia pemilihan kecamatan (ppk) Pilkada serentak Tahun 2024 di daerah itu yang baru terpilih untuk bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Tadi saya sudah berpesan kepada anggota ppk yang telah dilantik agar tidak main pencak silat sendiri. Maksudnya dalam menjalankan tugasnya anggota ppk tetap mengacu kepada aturan dan mengikuti arahan dari KPU Rejang Lebong, tidak bergerak sendiri,"kata ketua KPU Rejang Lebong Ujang Maman usai melantik 75 anggota ppk terpilih di Rejang Lebong, Kamis.

Dia menjelaskan, pada pelaksanaan tahapan Pilkada serentak Tahun 2024 ini anggota ppk pastinya akan bertemu dengan tim pemenangan dan sebagainya. Para anggota PPK ini harus mengkoordinasikannya ke KPU setempat dan tidak boleh memihak kepada peserta Pemilu atau untuk memenangkan paslon tertentu.

"Jika ada anggota ppk yang demikian, dan ada yang bermain, maka konsekuensinya bakal diberhentikan dan akan digantikan oleh anggota ppk pergantian antar waktu (paw)," tegasnya.

Menurut dia, sebanyak 75 anggota PPK dari 15 Kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong tersebut telah mengikuti serangkaian proses tahapan rekrutmen. Mulai dari seleksi administrasi, CAT hingga terakhir tes wawancara.

"Mereka yang terpilih ini kami pastikan dilakukan secara profesional dan proporsional. Kami tegaskan juga, tidak ada pungutan dalam proses rekrutmen ini," ujarnya.

Setelah dilantik anggota ppk di wilayah itu, kata dia, langsung mengikuti pembekalan orientasi tugas, dan keesokan harinya Jumat (17/5) langsung bekerja dengan agenda seleksi tertulis calon anggota panitia pemungutan suara pps di 156 desa/kelurahan dengan metode CAT.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi yang ikut menghadiri pelantikan berharap 75 anggota PPK yang menjadi perpanjangan tangan KPU Rejang Lebong dapat menjalankan tugasnya dengan baik sehingga bisa mewujudkan pelaksanaan Pilkada yang berkualitas, berintegritas, profesional dan cermat.

Dia juga mengharapkan kalangan anggota ppk yang bertugas dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong tetap berkiblat kepada KPU Rejang Lebong, dan mengedepankan profesionalisme dan netralitas.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024