Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu meningkatkan sejumlah persiapan dalam menghadapi cuaca ekstrem dengan menyiapkan stok penyangga logistik yang digunakan sebagai bantuan pasca-bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bengkulu Will Hopi di Bengkulu, Rabu, mengatakan mengantisipasi terjadinya bencana seperti banjir, pihaknya terus melakukan pemantauan hingga evakuasi bencana.
 
"Mengantisipasi bencana ini kita sudah menyiagakan sejumlah sarana prasarana, selain itu juga sudah menyiagakan stok penyangga pangan (logistik)  dan kebutuhan lainnya," ujar dia.
 
Saat ini stok penyangga pangan yang tersedia di BPBD Kota Bengkulu, di antaranya cadangan makanan, seperti beras, mie instan hingga sarden.
 
Selain itu, BPBD juga memiliki sejumlah perlengkapan dapur umum yang berguna jika terjadi bencana besar yang mengharuskan evakuasi massal.
 
Untuk kondisi stok penyangga pangan yang berada di BPBD Kota Bengkulu saat ini tidak ada yang kedaluwarsa, karena di distribusi secara berkala.
 
"Kita juga menyiapkan bantuan material bangunan yang nantinya disesuaikan dengan kondisi kerusakan rumah masyarakat. Apakah itu musibah angin badai, longsor atau gempa," ujar dia.
 
Sementara itu, kata Will, untuk menghadapi perubahan cuaca, BPBD menyiagakan personel bersama unsur terkait lainnya dalam menindaklanjuti laporan dan membantu warga Kota Bengkulu.
 
Ia meminta masyarakat melaporkan jika ada ancaman bencana dampak dari El Nino agar Pemerintah Kota Bengkulu dapat memberikan intervensi bantuan jika terjadi bencana, bantuan logistik tersebut langsung diberikan kepada warga yang terdampak.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024