Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu mengusulkan pencairan tunjangan profesi guru (TPG) untuk 1.301 penerima dengan total Rp17,48 miliar ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) di wilayah tersebut.
 
"Sebanyak 1.301 penerima TPG sudah diusulkan dan sekarang tahap perlengkapan berkas," Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bengkulu Gita Gama Raniputera di Bengkulu, Sabtu.
 
Ia menyebutkan, TPG untuk 1.301 guru di Kota Bengkulu telah disetujui oleh pemerintah pusat, sehingga saat ini menunggu BPKAD mencairkan dana tersebut untuk disalurkan ke rekening masing-masing penerima.
 
"Diperkirakan satu minggu para profesi Guru sudah bisa menerima hak mereka untuk triwulan satu," ujar dia.
 
Hal tersebut merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2024 tentang hak yang dimiliki oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk besaran yang diterima sesuai dengan besaran gaji pokok.
 
Sebanyak 1.301 penerima TPG triwulan satu terdiri atas 130 profesi guru Taman kanak-Kanal (TK), sebanyak 597 untuk profesi guru Sekolah Dasar (SD) dan 558 penerima dari profesi guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta 16 penerima untuk guru pengawas.
 
Sementara itu, Kepala BPKAD Kota Bengkulu Yudi Susanda menyebutkan bahwa anggaran untuk TPG telah masuk ke dalam kas daerah.
 
Saat ini, pihaknya menunggu Dikbud Kota Bengkulu melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk mencairkan TPG dan minggu depan dana tersebut telah dapat disalurkan.
 
"Estimasi satu minggu para guru sudah bisa menerima hak mereka sekarang kami sedang menunggu dokumen pencairan dari pihak Dikbud," kata Yudi.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024