Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Sayid Iskandarsyah membuka enam kelas Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke -17 tahun 2024 di Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Selama UKW yang diselenggarakan PWI pusat bekerja sama dengan BUMN sudah ke 17 kalinya dan gratis," katanya saat membuka UKW di Kendari, Senin.

Mewakili Ketua Umum PWI Pusat, Sekjen PWI itu menjelaskan kegiatan serupa juga digelar pada hari yang sama di beberapa daerah di Jawa Timur.

Untuk diketahui, UKW ini sebagai wujud penguatan kepada para pewarta bisa menjaga kerja-kerja jurnalistik secara profesional.

"Kami berharap peserta UKW menjalani dengan baik dan dinyatakan berkompeten," kata Sayid Iskandarsyah.

Sementara itu, ketua PWI Sultra, Sarjono mengatakan UKW hari ini digelar secara gratis oleh PWI Pusat.

"Kuota ini tersedia untuk enam kelas yakni tiga jenjang muda, dua kelas madya dan satu kelas utama. Masing-masing peserta tiap kelas terdiri enam orang," tuturnya.

Untuk peserta utama agar lebih menjaga martabat bermedia begitupun peserta muda untuk menggeluti dunia kewartawanan dengan berintegritas.

Sarjono mengungkapkan, peserta yang ikut uji kompetensi merupakan wartawan yang tiap hari bekerja secara teratur mencari, memperoleh, memiliki, mengolah dan menyebarluaskan berita.
 
Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah saat memberi sambutan pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) 2024 di Kendari, Senin.
(Foto Antara/Azis Senong)


Untuk itu, melalui UKW akan lebih memantapkan lagi kerja-kerja mereka agar lebih kapabel lagi.

"Untuk itu terima kasih kepada kita semua yang sudah terlibat menyukseskan UKW ini. Semoga berkompeten dan pada akhirnya kembali menjalankan tugas kewartawanan dengan berpedoman kode etik, UU Pers dan aturan kepenulisan lainnya,” tuturnya.

Pewarta: Abdul Azis Senong

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024