Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Rejang Lebong ditargetkan menjadi juara umum di MTQ tingkat Provinsi Bengkulu yang dilaksanakan di Kabupaten Bengkulu Utara pada 3-10 Juni 2024.

"Targetnya kontingen Rejang Lebong ini bisa menjadi juara umum pada MTQ ke XXXVI tingkat provinsi yang dilaksanakan di Kabupaten Utara," kata Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi saat melepas kafilah MTQ daerah itu di Rejang Lebong, Senin.

Dia menjelaskan target tersebut tidaklah berlebihan karena persiapan yang dilakukan peserta MTQ yang berangkat kali ini sudah cukup baik sehingga diyakini bisa memberikan prestasi terbaik untuk Rejang Lebong.

Kafilah MTQ Kabupaten Rejang Lebong tersebut, kata dia, berjumlah 67 orang di Rejang Lebong terdiri atas 49 peserta, satu orang penanggungjawab, sembilan orang pelatih, dan delapan orang pendamping.

Pada kesempatan itu dirinya juga menegaskan akan terus memberikan dorongan dan motivasi kepada kafilah MTQ Rejang Lebong yang berlomba di MTQ tingkat Provinsi Bengkulu ini sehingga bisa tampil dengan kemampuan terbaiknya.

Kepala Kemenag Rejang Lebong Lukman dalam kesempatan itu mengatakan pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Bengkulu ini sebagai momentum penting bagi para kontestan guna mengukir prestasi terbaik di tingkat Provinsi Bengkulu.

"Kita berharap kontingen ini nantinya bisa mewakili Provinsi Bengkulu ke MTQ tingkat nasional," terangnya.

Menurut dia, pelaksanaan MTQ tingkat provinsi itu dilaksanakan dua tahun sekali, dimana pada MTQ tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2022 Kabupaten Rejang Lebong menempati peringkat tujuh dari 10 kabupaten/kota di provinsi itu dengan perolehan medali dua emas, dua perak dan empat perunggu.

"MTQ ini menjadi panggung prestasi bagi para qori dan qoriah yang telah mengasah kemampuan mereka dalam membaca Al Quran," jelas dia.

Dia berharap pelaksanaan MTQ tingkat provinsi ini selanjutnya dapat dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong karena kesiapan infrastruktur dan fasilitas yang sudah siap digunakan mulai dari penginapan, tempat lomba, dan lain sebagainya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024