Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyalurkan bantuan bibit padi unggul sebanyak 37,2 ton dengan sasaran 1.489 hektare sawah di wilayahnya.

Kepala Distankan Rejang Lebong Amrul Eby di Rejang Lebong, Bengkulu, Senin, mengatakan bantuan bibit atau benih padi unggul tersebut berasal dari Kementerian Pertanian dengan jenis Inpari 42, Ciherang, dan Cigeulis.

"Bantuan bibit padi ini sebanyak 37.225 kg yang akan disalurkan untuk 104 kelompok tani tersebar dalam enam kecamatan di Rejang Lebong," kata dia.

Dia menjelaskan bantuan bibit padi ini diberikan kepada kelompok tani yang berada di Kecamatan Curup Selatan, Curup Utara, Curup Timur dan Curup, Kecamatan Selupu Rejang, dan Kecamatan Bermani Ulu.

Penyaluran bantuan benih padi itu, kata dia, diberikan melalui masing-masing kelompok tani, yang mana setiap hektarenya sebanyak 25 kg.

Bantuan benih padi itu diberikan Kemantan guna membantu kalangan petani di Rejang Lebong untuk meningkatkan hasil produksi serta mengantisipasi ancaman El Nino di wilayahnya.

"Bibit ini diharapkan bisa meningkatkan produksi beras petani pada musim tanam Juni hingga Juli 2024 ini, petani yang menerima bisa langsung menggunakannya," terang dia.

Sejauh ini, luas lahan pertanian sawah produktif yang ada di 15 kecamatan di Rejang Lebong, tambah dia, berjumlah 3.336 hektare, namun yang menerima bantuan kali ini baru sebanyak 1.489 hektare.

Untuk itu, pihaknya sudah mengusulkan bantuan serupa ke pemerintah pusat guna mendapatkan bantuan benih lagi, sehingga nantinya bisa mendukung ketersediaan stok beras di Kabupaten Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024