Perum Bulog Cabang Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu saat ini tengah melakukan penyaluran beras bantuan pangan dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, dan Lebong.

Kepala Perum Bulog Cabang Rejang Lebong Adzie Zulfikar Rahman saat dihubungi di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan bantuan pangan untuk ketiga kabupaten ini dilaksanakan sejak 2023 lalu dan dilanjutkan kembali terhitung Januari-Juni 2024.

"Saat ini sudah memasuki tahap penyaluran April dan Mei 2024. Per bulan beras bantuan pangan yang kita salurkan mencapai 424.640 kg tersebar dalam tiga kabupaten," kata dia.

Dia menjelaskan, beras bantuan pangan dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tersebut disalurkan ke Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 196.740 kg, kemudian Kepahiang sebanyak 127.700 kg, dan Kabupaten Lebong sebanyak 100.200 kg.

Program bantuan pangan itu sendiri, kata dia, berasal dari Badan Pangan Nasional (Bapanas), di mana Bulog ditunjuk sebagai penyedia barang yaitu beras dan bertindak selaku pengangkutan beras (transporter) adalah pihak PT Pos Indonesia.

Menurut dia, bantuan pangan untuk bulan April dan Mei saat ini sudah selesai  disalurkan pada 31 Mei lalu terdiri dari empat kecamatan wilayah Kabupaten Lebong dan dua kecamatan di wilayah Kabupaten Rejang Lebong.

Sedangkan untuk penyaluran Juni telah dimulai tanggal 4 Juni kemarin dengan lokasi penyaluran di lima kecamatan di Kabupaten Lebong meliputi Kecamatan Lebong Utara, Lebong Selatan, Lebong Atas, Uram Jaya dan Lebong Sakti.

Selanjutnya pada 6 Juni di tiga kecamatan di Kabupaten Kepahiang yakni Kecamatan Kabawetan, Seberang Musi, dan Tebat Karai. Serta dua kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong yaitu Kecamatan Selupu Rejang dan Bermani Ulu Raya.

Kemudian pada 7 Juni disalurkan untuk empat kecamatan di Rejang Lebong meliputi Kecamatan Sindang Kelingi, Sindang Beliti Ilir, Binduriang dan Curup Timur.

Seterusnya 10 Juni di Kecamatan Curup Kota dan Kecamatan Sindang Dataran, serta Kecamatan Tubei dan Pinang Belapis Kabupaten Lebong. Dan Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang.

Dilanjutkan pada 11-13 Juni di Kecamatan Amen dan Bingin Kuning, Kabupaten Lebong. Kecamatan Curup Selatan dan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong. Diteruskan untuk Kecamatan Muara Kemumu dan Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang, serta Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong.

Terakhir untuk Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Kecamatan Lebong Tengah, Kabupaten Lebong, serta Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024