Pihak Kepolisian Resor (Polres) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, bersama TNI dan berbagai pihak terkait menanam pohon untuk penghijauan lingkungan sepanjang pesisir pantai yang tergerus abrasi di Kecamatan Ipuh.
 
Kepala Polres Mukomuko AKBP Yana Supriatna dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis, mengatakan aksi penanaman pohon jenis cemara dan mangrove sepanjang pantai tergerus abrasi di wilayah tersebut dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun.
 
"Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 tahun ini mengusung tema Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas," katanya.
 
Ia mengatakan pihaknya menanam berbagai jenis pohon pada sejumlah titik yang berada di sepanjang pantai Desa Pasar Ipuh, Kecamatan Ipuh, yang kritis akibat tergerus abrasi.
 
Ia berharap kegiatan penanaman pohon untuk penghijauan lingkungan sepanjang pesisir pantai itu membuat kualitas udara menjadi bersih serta dapat mencegah abrasi.
 
Dalam kegiatan tersebut pihaknya melibat berbagai pihak terkait seperti TNI, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Provinsi Bengkulu, Forkopimda Kabupaten Mukomuko, Forkopincam Ipuh, dan Pokdarwis Pantai Wisata Abrasi Ipuh.
 
Dengan adanya keterlibatan berbagai pihak terkait di daerah ini, kata dia, diharapkan kegiatan serupa seperti menanam pohon untuk penghijauan lingkungan tidak hanya saat ini saja, tetapi berlanjut oleh pihak lainnya.
 
"Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan serta menggalang sinergi antara Polri dan masyarakat," ucapnya. 
 
Kepala Desa Pasar Ipuh Anang mengatakan pihaknya bersama polisi dan TNI melakukan aksi penanaman pohon untuk penghijauan lingkungan di sepanjang pinggir pantai daerah itu.
 
Setelah penanaman pohon ini, pihaknya akan berupaya menjaga pohon tersebut supaya tetap tumbuh besar.
 
"Selama ini kami menanam pohon di pinggir pantai selalu rusak akibat hewan ternak. Untuk itu pohon yang ada ini dipagar agar tidak dirusak hewan ternak," ujarnya.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024