Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, tahun ini menerima bantuan benih padi dan jagung dari Kementerian Pertanian sebanyak 67,62 ton.

"Alhamdulillah Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2024 ini menerima bantuan dari Kementerian Pertanian berupa benih padi sawah sebanyak 37.225 kg, kemudian benih padi gogo sebanyak 400 kg dan benih jagung sebanyak 30.000 kg," kata Kepala Distankan Rejang Lebong Amrul Eby saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan, bantuan benih padi sawah sebanyak 37,22 ton itu untuk 142 kelompok tani dengan sasaran sawah 1.489 hektare (ha). Per hektarenya diberikan bantuan sebanyak 25 kilogram (kg).

"Kemudian untuk benih padi gogo sebanyak 400 kg untuk tiga kelompok tani dengan luasan lokasi sasaran 10 hektare atau 40 kg per hektare," katanya.

Sedangkan untuk benih jagung, kata dia, sebanyak 30 ton untuk 94 kelompok tani tersebar di beberapa kecamatan di Rejang Lebong dengan luas lahan sasaran 2.000 hektare atau 15 kg per hektare.

Menurut dia, benih bantuan padi dan jagung untuk daerah itu sebagian sudah diterima terutama untuk padi gogo dan padi sawah. Selanjutnya untuk benih jagung dalam waktu dekat.

Selain menerima bantuan benih padi dan jagung, Kabupaten Rejang Lebong pada tahun ini juga menerima bantuan mesin pompa air untuk mengantisipasi kekeringan lahan pertanian sebanyak lima unit.

Bantuan pompa air ini diberikan kepada Kelompok Tani Barokah Desa Purwodadi Kecamatan Purwodadi sebanyak dua unit. Selanjutnya tiga unit lainnya diberikan kepada tiga kelompok masing-masing satu unit, yakni Kelompok Tani Serdang Jaya Desa Tebat Tenong Luar, Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Selanjutnya Kelompok Tani Germas Desa Tebat Tenong Luar (Kecamatan Bermani Ulu Raya) dan Kelompok Wani Tani (KWT) Cempaka Desa Dataran Tapus (Kecamatan Bermani Ulu Raya).

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024