Rejanglebong (Antara) - Dinas Pertanian Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, dalam waktu dekat akan melakukan pencetakan sawah baru seluas 100 hektare yang akan dilaksanakan di dua dari 15 kecamatan di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian Rejanglebong Harun Rasyid di Rejanglebong, Senin, menjelaskan program pencetakan sawah baru itu dibiayai pemerintah pusat yang dilakukan dalam rangka menunjang program swasembada pangan 2017.

"Bantuan pencetakan sawah baru seluas 100 hektare ini akan dilaksanakan di Kecamatan Curup Timur dan Kecamatan Selupu Rejang," katanya.

Lokasi pencetakan sawah baru di Kecamatan Curup Timur kata dia, akan dilaksanakan di Desa Talang Ulu dan untuk di Kecamatan Selupu Rejang di Desa Sumber Rejeki, di mana masing-masing desa ini akan dibangun seluas 50 hektare sawah baru.

Program pencetakan sawah baru yang dibiayai Kementan itu sendiri tambah dia, saat ini masih dalam perencanaan dan terakhir akan dilakukan peninjauan lapangan sebelum dilakukan pencetakan sawah baru. Peninjauan ini nantinya akan dilakukan oleh pihaknya dan pihak Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu dan utusan dari kementerian pertanian.

Dalam program pencetakan sawah baru ini nantinya setiap kelompok tani yang menerima bantuan akan diberikan dana sebesar Rp16 juta untuk setiap hektarenya, di mana mereka selain membuka sawah baru juga membangun irigasi pengairan sawah masing-masing.

Pelaksanaan program ini nantinya akan diawasi oleh petugas Distan Rejanglebong, Distan Provinsi Bengkulu serta anggota TNI dari Kodim 0409 Rejanglebong yang dilibatkan dalam program swasembada pangan pada 2015 lalu.

Sebelumnya pada 2015 lalu kata dia, Kabupaten Rejanglebong juga menerima bantuan dari Kementerian Pertanian pusat untuk pembangunan saluran irigasi tersier tersebar di sembilan dari 15 kecamatan di Rejanglebong dengan areal persawahan yang menjadi sasaran mencapai 4.600 hektare. ***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016