Madrid (Antara/AFP) - Tim peringkat pertama bertemu tim peringkat kedua saat Barcelona menjamu Atletico Madrid pada Sabtu, untuk mengencangkan genggaman mereka pada persaingan perebutan gelar juara Liga Spanyol.

Kedua tim memiliki 48 angka di puncak klasemen, namun Barcelona unggul satu pertandingan yang belum dimainkan atas Atletico dan dapat mengambil lompatan besar menuju gelar kelima dalam tujuh tahun dengan kemenangan beruntun kedelapan di semua kompetisi.

Bahkan, pasukan Luis Enrique tetap berada di jalur untuk mengulangi pencapaian "treble" yakni menjuarai Liga Champions, Liga Spanyol, dan Piala Raja yang mereka raih musim lalu, setelah melaju ke semifinal Piala Raja berkat kemenangan 3-1 atas Athletic Bilbao pada tengah pekan.

Walau demikian, sang juara Eropa jauh dari kemampuan terbaiknya pada sepekan terakhir ketika mereka direpotkan oleh Malaga dan Athletic Bilbao sebelum diselamatkan oleh momen-momen individual ajaib setelah turun minum.    

"Kami mencermati kesalahan-kesalahan yang perlu kami perbaiki," kata Luis Suarez setelah mencetak gol penyama kedudukan ketika melawan Bilbao.

Bagaimanapun, Atletico juga tidak sedang berada dalam penampilan puncak ketika mereka kembali ke tempat di mana mereka memenangi gelar pada musim 2013/2014.

Pasukan Diego Simeone disingkirkan Celta Vigo dari Piala Raja pada tengah pekan, ketika mereka kemasukan tiga gol untuk pertama kalinya sejak Barca menang 3-2 di arena yang sama di kompetisi ini tepat setahun silam.

Bahkan, itu hanya hal lain yang menjadi masalah Atletico pada musim ini -- di mana mereka hanya mengoleksi 30 gol dari 21 penampilannya di Liga Spanyol.

"Kekalahan ini tidak akan memberi dampak kepada kami pada Sabtu," kata kapten Atletico Gabi.

"Kami terbiasa untuk bertarung demi apapun dan pada Sabtu Anda akan melihat kemampuan terbaik Atletico Madrid."

Tim tamu juga berpeluang berhadapan dengan wajah yang familiar, ketika Arda Turan menghadapi Atletico untuk pertama kalinya sejak pindah ke Nou Camp menyusul empat tahun masa bakti di Vicente Calderon.

"Saya telah memikirkan pertandingan ini selama beberapa waktu," kata gelandang Turki ini kepada situs resmi Barca.

"Anda harus selalu menghormati lawan dan Atletico tidak berbeda dari aspek itu."

"Meski mengganti banyak pemain, mereka tetap mempertahankan gaya (bermain) yang sama."

Kedua tim berpeluang menampilkan kekuatan terbaiknya, di mana Barca dapat memanggil kembali Turan, Sergio Busquets, dan Andres Iniesta setelah mereka diistirahatkan pada tengah pekan, meski Jordi Alba masih diragukan akibat cedera otot paha belakang yang menimpanya.

Atletico tidak akan diperkuat Tiago yang cedera lama dan Fernando Torres, sedangkan Angel Correa masih menjalani skors.

Real Madrid tertinggal empat angka dari kedua pemuncak klasemen -- mereka juga telah memainkan satu pertandingan lebih banyak dari Barca -- namun memiliki peluang emas untuk mendekati salah satu atau kedua rivalnya itu saat mereka menjamu Espanyol pada Minggu.

Zinedine Zidane merasakan kekecewaan pertamanya sebagai pelatih "Los Blancos" saat timnya ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah Real Betis akhir pekan silam.

Bagaimanapun, kontras dengan rekor tandang mereka, Real begitu mematikan di kandang dalam beberapa bulan terakhir, mengoleksi 35 gol dari enam pertandingan terakhir di Santiago Bernabeu.

Mereka juga mencetak enam gol ke gawang Espanyol ketika kedua tim bertemu di Cornella-El Prat pada awal musim, di mana Cristiano Ronaldo membukukan lima gol.

Gareth Bale diperkirakan akan kembali absen membela Real meski ia telah memperlihatkan kemajuan dari proses pemulihan cedera betisnya, maka James Rodriguez diperkirakan akan mengisi posisi pemain Wales itu.

Di tempat lain, Gary Neville memiliki peluang bagus untuk mencatatkan kemenangan perdana sebagai pelatih Valencia pada upaya keempatnya, ketika "Los Che" menjamu Sporting Gijon, yang selalu menelan kekalahan pada delapan pertandingan tandang terakhirnya.

    
Jadwal pertandingan Liga Spanyol (semua waktu dalam GMT):
Sabtu
Barcelona vs Atletico Madrid (15.00), Eibar vs Malaga, Getafe vs Athletic Bilbao (17.15), Villarreal vs Granada (19.30), Real Sociedad vs Real Betis (21.05)

Minggu
Sevilla vs Levante (11.00), Valencia vs Sporting Gijon (15.00), Las Palmas vs Celta Vigo (17.15), Real Madrid vs Espanyol (19.30)
  
Senin
Deportivo la Coruna vs Rayo Vallecano (19.30)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016