Rejanglebong (Antara) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, pada tahun ini akan menggulirkan bantuan ternak kambing kepada 14 kelompok peternak yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Rejanglebong Amrul Eby, Minggu, menjelaskan bantuan yang akan diberikan ini berupa indukan kambing jantan dan betina, bantuan ini akan diberikan kepada kelompok peternak dalam rangka menciptakan peluang usaha khususnya bagi kalangan masyarakat tidak mampu.

"Bantuan ternak ini akan diberikan kepada 14 kelompok, di antaranya bantuan untuk delapan kelompok nantinya akan berasal dari Disnakan Rejanglebong dan untuk enam kelompok lainnya bantuan dari Disnakan Pemprov Bengkulu," katanya.

Bantuan ternak yang akan diberikan itu kata dia, berupa indukan jantan dan betina dengan jumlah bantuan per kelompoknya berkisar antara 20 ekor hingga 30 ekor tergantung dengan banyaknya jumlah anggota kelompok peternak masing-masing kelompok yang akan menerima bantuan.

Bantuan itu sendiri diberikan kepada masing-masing kelompok peternak yang mengajukan proposal kepada Disnakan Rejanglebong, dimana hingga saat ini kelompok peternak yang sudang mengajukan proposal mencapai 45 kelompok.

Untuk memastikan kelompok peternak yang akan menerima bantuan pihaknya kata dia, terlebih dahulu melakukan peninjauan lapangan, guna memastikan keberadaan kelompok penerima bantuan kemudian ada atau tidaknya peserta kelompok, ketersediaan kandang maupun pakan di sekitar lokasi kelompok.

"Bantuan ternak kambing ini memanfaatkan pekarangan rumah, kelompok penerima bantuan harus menyiapkan sendiri kandangnya, pakan dan data mereka tidak fiktif," ujarnya.

Salah satu lokasi yang menjadi prioritas penerima bantuan ini kata Amrul Eby akan diberikan kepada kelompok peternak di kawasan Transmigrasi Swakarsa Mandiri (TSM) Desa Pal 7 Kecamatan Bermani Ulu Raya yang selama ini masih terbelakang dalam bidang perekonomiannya lantaran usaha transmigrasi mereka berupa tanaman karet dan sawit belum menghasilkan.

Untuk itu dia berharap, nantinya bantuan ternak kambing yang akan digulirkan itu dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat yang selama ini tingkat perekonomiannya masih di bawah rata-rata dan tidak memiliki lahan usaha pertanian atau usaha lainnya.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016