Mukomuko (Antara) - Harga cabai merah di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, sejak sepekan terakhir berangsur turun dari Rp45.000 menjadi Rp40.000 per kilogram

"Harga cabai merah sebesar Rp40.000 per kilogram, turun dibandingkan pekan lalu sebesar Rp45.000 per kg," kata Yopi, pedagang sayuran di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya, di Mukomuko, Minggu.

Ia menjelaskan, harga cabai merah turun karena pasokan cabai merah dari Kabupaten Kerinci, Jambi ke pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya mulai stabil.

Begitu juga dengan pasokan cabai merah dari Kecamatan Lubuk Pinang Kabupaten Mukomuko selama sepekan ini lebih banyak dibandingkan pekan lalu.

"Kalau minggu lalu pasokan cabai merah dari petani Lubuk Pinang terbatas, sehingga harganya naik. Kini pasokan cabai merah dari daerah ini sudah mulai banyak," ujarnya lagi.

Sedangkan harga bawang merah di pasar tradisional itu, sejak dua pekan terakhir masih bertahan tinggi sebesar Rp35.000 hingga Rp36.000 per kg, naik dibandingkan harga sebelumnya Rp30.000 per kg.

Warni, warga Desa Ujung Padang mengeluhkan kenaikan harga cabai merah dan bawang merah di pasar tradisional di wilayahnya.

"Minggu lalu harganya masih Rp30.000 per kg. Kini tiba-tiba naik menjadi Rp45.000 per kg, termasuk harga bawang merah yang mendadak naik," ujarnya pula.

Ia mengaku, membeli cabai merah dan bawang merah secukupnya sebanyak setengah kilogram untuk kebutuhan memasak selama seminggu ini.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016