Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0409 Rejang Lebong, Bengkulu yang dipusatkan di dua desa di Kecamatan Padang Ulak Tanding membangun sarana air bersih untuk warga.

Komandan Satuan Tugas TMMD Reguler ke-121 Kodim 0409 Rejang Lebong Letkol Arh Moch Erfan Yuli Saputro di Rejang Lebong, Senin, mengatakan, TMMD dipusatkan di Desa Belumai I dan Belumai II, Kecamatan Padang Ulak Tanding, di mana sasaran utama adalah pembukaan jalan sepanjang 3,2 kilometer.

"Untuk sasaran tambahan fisiknya ialah pembuatan sumur bor. Penyediaan sumber air bersih ini dalam rangka mendukung program nasional tentang percepatan penurunan stunting," kata dia.

Dia menjelaskan, sumur bor tersebut dibangun di Desa Belumai II untuk memenuhi kebutuhan air bersih 25 kepala keluarga (KK) yang selama ini belum memiliki sarana air bersih untuk keperluan minum, mandi, dan lainnya.

Pengerjaan pembangunan sumur bor itu sendiri, kata dia, pada hari keenam pelaksanaan TMMD di wilayah itu sudah mencapai 20 persen.

Menurut dia, pembangunan sumur bor lengkap dengan instalasinya itu merupakan salah satu pembangunan sarana sumber air bersih dari total 51 titik se-Indonesia bekerja sama dengan BKKBN.

Penyiapan sarana sumber air bersih untuk warga di lokasi TMMD ini diharapkan nantinya bisa memenuhi kebutuhan warga serta dapat menurunkan angka stunting yang diakibatkan tidak mengonsumsi air bersih.

Pada pelaksanaan TMMD ke-121 di Kecamatan Padang Ulak Tanding kali ini Kodim 0409 Rejang Lebong membuka jalan baru sepanjang 3,2 kilometer yang menghubungkan Desa Belumai I dan Belumai II, sehingga memudahkan petani dalam pengangkutan hasil bumi berupa karet, kopi, maupun sawit.

Sedangkan untuk kegiatan fisik penunjang lainnya berupa rehab mushalla, pembangunan empat RTLH dan pembangunan jaringan air bersih di dua titik melalui pembuatan sumur bor.

Selanjutnya kegiatan rehab gedung BUMDes, penanaman 2.500 pohon serta kegiatan nonfisik berupa penyuluhan bidang pertanian, kesehatan, hukum dan lainnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024