Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu melakukan perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik terhadap lebih dari 5 ribu pemilih pemula menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Untuk mempercepat perekaman KTP elektronik bagi pemilih pemula di Kota Bengkulu, Dukcapil terus melakukan aksi jemput bola dengan mendatangi sekolah-sekolah di wilayah tersebut.

"Kami bekerja sama dengan pihak sekolah untuk melakukan perekaman data KTP elektronik, perekaman tidak hanya dilakukan untuk anak usia 17 tahun tetapi juga usia 16 tahun yang akan memasuki 17 tahun," kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Widodo di Kota Bengkulu, Rabu (7/8).

Ia mengatakan aksi jemput bola tersebut terus dilakukan agar para pemilih pemula di Kota Bengkulu dapat menggunakan hak suaranya pada pelaksanaan Pilkada yang akan berlangsung November 2024.

Selain itu, Widodo juga memastikan ketersediaan blangko KTP elektronik untuk pemilih pemula yang melakukan perekaman jelang Pilkada 2024.

"Alhamdulillah, untuk pelaksanaan Pilkada terkait dengan ribbon dan blangko semuanya dinyatakan cukup," ujarnya.

Selain itu, Widodo juga menjelaskan bahwa Dukcapil Kota Bengkulu terus melakukan sosialisasi dan mendorong masyarakat untuk menggunakan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Dengan penggunaan IKD, diharapkan dapat meningkatkan penggunaan identitas kependudukan digital di Kota Bengkulu.

Diketahui sebelumnya, berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, jumlah daftar penduduk potensial pemilu (DP4) sebanyak 275.664 pemilih.

KPU Kota Bengkulu juga menetapkan pada pelaksanaan Pilkada 2024 terdapat 511 tempat pemungutan suara (TPS).

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024