London (Antara/AFP) - Pemain remaja sensasional Marcus Rashford kini telah mengoleksi empat gol dari dua pertandingan ketika Manchester United mengganjal upaya Arsenal dalam meraih gelar juara Liga Utama Inggris dengan kemenangan 3-2 pada Minggu.

Pemain 18 tahun itu, yang mencetak dua gol pada debutnya saat melawan FC Midtjylland di Liga Europa pada Kamis, juga menjadi aktor dari terciptanya gol Ander Herrera ketika pasukan Louis van Gaal kini mendekat tiga angka dengan zona Liga Champions.

Arsenal, yang mendapatkan gol melalui Danny Welbeck dan Mesut Ozil, tertinggal lima angka dari pemuncak klasemen Leicester City, sedangkan Tottenham Hotspur naik tiga angka di atas mereka berkat kemenangan 2-1 atas Swansea City.

Di Old Trafford, masalah-masalah cedera United menghasilkan perbedaan di tim inti di mana gelandang Michael Carrick dimainkan sebagai bek tengah, sedangkan bintang kelahiran Manchester Rashford memimpin lini depan karena absennya Wayne Rooney dan Anthony Martial.

Arsenal, yang melakukan tiga perubahan dari saat mereka takluk 0-2 dari Barcelona di Liga Champions, menciptakan peluang pertama, Ozil memberi umpan kepada Nacho Monreal yang meneruskannya dengan tembakan namun dapat ditahan kiper David de Gea, namun justru tuan rumah yang mendapatkan gol pertama pada menit ke-29.

Gabriel, yang dimasukkan untuk mengisi posisi Per Mertesacker, gagal melakukan kontak sempurna ketika ia berupaya menyapu umpan silang Guillermo Varela dan Rashford tanpa kesulitan memasukkan bola liar melewati Petr Cech.

United kini memiliki bintang baru dan mereka menggandakan keunggulannya kurang dari tiga menit kemudian ketika Rashford menyambar umpan silang Jese Lingard dengan tandukan kepala.

Rashford menjadi pemain termuda ketiga yang mencetak gol di Liga Utama Inggris untuk United, setelah Federico Macheda dan Welbeck, di mana nama yang disebut terakhir kembali untuk menghantui bekas klubnya dengan memperkecil ketertinggalan.

Pada ulangan formula yang menghasilkan gol penentu kemenangan saat melawan Leicester dua pekan silam, Ozil melepaskan tendangan bebas menuju kotak penalti dan Welbeck meneruskannya dengan sundulan kepala. Itu merupakan assist ke-18 pemain Jerman itu di musim ini.

    
Van Gaal "terjatuh"
United kehilangan Marcos Rojo yang terlihat mengalami cedera pergelangan kaki pada awal babak pertama, yang membuat bek Belanda berusia 18 tahun Tim Fosu-Mensah masuk untuk melakukan debut bagi klubnya.

Wenger memasukkan Olivier Giroud untuk menggantikan Theo Walcott yang bermain tidak efektif pada menit ke-63, namun dua menit berselang United memperbesar keunggulan mereka.

Rashford menggulirkan bola menuju jalur pergerakan Herrera, yang melepaskan sepakan melengkung tanpa mengendalikan bola dari luar kotak penalti yang terdefleksi melewati Cech dengan melambung di atas Laurent Koscielny.

Ozil memberi harapan kepada Arsenal saat pertandingan tinggal menyisakan 21 menit, menyambar sepakan voli setelah De Gea menepis upaya Welbeck.

Namun tuan rumah mampu mempertahankan keunggulan dan Van Gaal membuat para pendukung tuan rumah tertawa ketika ia menirukan aksi terjatuh kepada ofisial keempat Mike Dean di tepi lapangan, sebagai protes atas apa yang menurutnya sebagai tindakan diving yang dilakukan pemain Arsenal.

United kini tertinggal tiga angka dari tim peringkat keempat Manchester City, yang akan menghadapi Liverpool di final Piala Liga di Wembley pada Minggu malam.

Tottenham, yang memulai hari dengan koleksi angka yang sama dengan Arsenal, tertinggal terlebih dahulu pada menit ke-19 dari tamunya Swansea, ketika Alberto Paloschi memanfaatkan tembakan Angel Rangel yang terdefleksi untuk menjadi gol.

Namun Nacer Chadli memasukkan umpan silang Kyle Walker untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-70, dan Danny Rose melengkapi kebangkitan timnya tujuh menit kemudian ketika ia memasukkan bola menyusul tendangan sudut.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016