Rejanglebong (Antara) - Dinas Pendidikan Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan sebanyak 3.186 pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat siap mengikuti Ujian Nasional 2016.

Kepala Dinas Pendidikan Rejanglebong Zakaria Effendi di Rejanglebong, Senin menjelaskan kalangan pelajar SMA sederajat yang akan mengikuti UN kali ini berasal dari 20 sekolah negeri dan swasta yang terdiri dari 13 tingkat SMA/MA dan tujuh sekolah SMK.

"Peserta UN tingkat SMA dan MA yang sudah terdaftar sebanyak 1.991 siswa yang berasal dari 17 SMA dan MA baik swasta maupun negeri dan untuk SMK yang berasal dari tujuh sekolah baik negeri dan swasta sebanyak 1.195 siswa," katanya.

Peserta UN tingkat SMA/MA ini kata dia, terbagi 1.200 siswi dan 791 siswa, sedangkan untuk SMK sederajat 698 siswi dan 497 siswa.

Dari sekian banyak sekolah tingkat SMA/MA/SMK di Rejanglebong yang akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada tahun ini, tambah dia, baru akan dilaksanakan di dua sekolah yakni SMAN1 Curup Timur dan SMKN 1 Curup Timur.

Sedangkan untuk sekolah lainnya masih akan mengikuti UN dengan menggunakan lembaran jawaban komputer (LJK).

Untuk sekolah lainnya baik SMA maupun SMK negeri dan swasta yang ada di daerah itu, kata Zakaria, termasuk SMAN 1 Curup dan SMKN 1 Curup yang termasuk sekolah unggulan belum bisa melaksanakannya karena belum tersedianya jaringan internet yang memadai serta sarana penunjang yang belum lengkap.

"Ada sekolah yang komputernya sudah lengkap seperti di SMAN 1 Curup Selatan, tetapi tapi jaringan internet dari Telkom belum masuk sehingga sekolah itu pada tahun ini belum bisa melaksanakannya dan mudah-mudahan tahun depan sudah masuk jaringan internet Telkom," ujarnya.

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat sesuai dengan jadwalnya akan dilaksanakan pada 4-6 April 2016.

untuk mempersiapkan ujian ini, pihak masing-masing sekolah sudah mulai melaksanakan uji coba pengisian soal-soal ujian dan melakukan jam tambahan belajar.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016