Bengkulu (ANTARA Bengkulu ) - Pekan Olahraga Wartawan Nasional dan Kongres Persatuan Watawan Indonesia 2013 sudah disepakati akan dilaksanakan  Banjarmasin , Kalimantan Selatan.

Awalnya kedua kegiatan itu akan dilaksanakan di Jawa Timur, namun untuk menyelamatkan kegiatan nasional PWI, maka Kalimantan Selatan siap menjadi tuan rumah, kata utusan Seksi wartawan olahraga (Siwo) PWI Cabang Kalimantan Selatan Syarifudin Ardasa, di sela-sela Rakernas Siwo PWI yang berlangsung di Bengkulu, Sabtu.

Ia mengatakan, kesiapan itu sudah disetujui oleh Gubernur Kalimantan Selatan bersama beberapa pengusaha setempat untuk mempersiapkan dana sekitar Rp6 miliar.

"Saya akan membawa hasil Rakernas Siwo PWI di Bengkulu ke Gubernur Kalsel dan pihak terkait di daerah itu," ujarnya.

Namun ia minta waktu pelaksanaan Porwanas dan Kongres PWI diundur hingga September 2013 dari rencana awal Februari 2013 karena dananya akan dimasukan dalam APBD daerah itu.

Ketua Persatuan Wartawan Indoinesia Cabang Jawa Timur H Munir membenarkan karena ada beberapa alasan mendasar, sehingga pelaksanaan Porwanas dan Kongres PWI 2013 dibatalkan di Jatim dan dialihkan ke Kalsel.

"Kami bukan tidak mampu melaksanakan acara besar PWI tersebut, namun karena ada beberapa alasan maka harus diserahkan ke PWI pusat untuk menujuk daerah yang mampu melaksanakan acara tesebur," ujarnya.

Alasan Jawa timur, kata dia, karena pada waktu bersamaan banyak even-even besar di Jawa Timur termasuk pemilihan gubernur dan pekan olah raga nasional pemuda.

"Dengan demikian kami memutuskan tidak menjadi tuan rumah Porwanas dan Kongres 2013 dan kewenangannya diserahkan ke PWI pusat," ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Usmin


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012