Manchester (Antara/Reuters) - Pemain muda Manchester United Marcus Rashford menuliskan babak lain dalam perkenalannya terjadap sepak bola strata tertinggi, mencetak gol brilian untuk mengamankan kemenangan 1-0 pada derby pertamanya melawan Manchester City pada Minggu.

Pahlawan lokal berusia 18 tahun itu, yang juga membukukan gol pada debutnya di Liga Europa dan pada pertandingan Liga Utama Inggris perdananya membuat dirinya semakin dicintai para penggemar United dengan menampilkan sekeping kemampuan terbaiknya pada menit ke-15 untuk mengejutkan publik Stadion Etihad.

Setelah mendapatkan operan dari Juan Mata, Rashford berlari dan mengecoh Martin Demichelis, sebelum dengan tenang melepaskan sepakan meleweati kiper Joe Hart.

Pemain muda itu semestinya mendapat penalti sebelum turun minum setelah mendapat hadangan keras dari Demichelis, yang harus meninggalkan lapangan lebih awal ketika ia digantikan tidak lama setelah turun minum.

Pada usia 18 tahun 141 hari, Rashford menjadi pemain termuda di era Liga Utama Inggris yang mencetak gol pada pertandingan derby, membuat manajernya Louis van Gaal gembira dengan perkembangan luar biasanya.

"Ia merupakan penyerang sejati dan itulah mengapa saya membiarkan ia bertahan di posisi itu," kata Van Gaal kepada Sky Sports.  

"Ia dapat mencetak gol demi gol namun ia juga merupakan titik serangan dan berlari melalui jalur-jalur. Saya sangat menyukainya. Ia baru berusia 18 tahun maka kita perlu menunggu dan melihat seberapa konsistennya dia."

"Rashford sangat cepat dan Demichelis terlihat seperti tertinggal bertahun-tahun di belakangnya. Ia merupakan pemain bertahan yang sangat bagus, ia merupakan bek tengah saya di Bayern (Munich), namun inilah kehidupan sepak bola."

Rashford memberikan gebrakan yang kurang dimiliki tim tuan rumah dan, meski City menambah tekanan pada babak kedua, tandukan Sergio Aguero mengenai tiang gawang dan sejumlah peluang lain pun gagal berbuah gol.

Kekalahan City pada derby Manchester ke-171 ini secara virtual mengakhiri harapan mereka untuk meraih gelar yang mereka menangi pada 2014.

Mereka berada di peringkat keempat, tertinggal 15 angka dari pemuncak klasemen Leicester City dan hanya unggul satu angka dari tim tetangganya di Old Trafford yang menduduki posisi keenam.

Untuk semakin memperburuk keadaan, kiper utama City hart harus ditarik keluar lapangan beberapa saat setelah turun minum, akibat betisnya yang cedera saat berlari meninggalkan gawang untuk menghadang penyerang United Anthony Martial menyusul operan ke belakang yang buruk dari Demichelis.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016