Rejanglebong (Antara) - Soal ujian nasional (UN) paket-C atau setara SMA di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, mengalami kekurangan 31 soal.

Kepala Bidang Program Dinas Pendidikan Kabupaten Rejanglebong, Dedi Warsito, Sabtu, mengatakan kurangnya soal UN untuk paket-C ini diketahui dari pemeriksaan soal UN yang dikirim Pemprov Bengkulu melalui PT Pos hari itu.

"Soal UN paket-C ini kurang 31 soal setelah dilakukan pengecekan, soal yang kurang ialah untuk mata pelajaran sosiologi kurang sebanyak dua amplop atau 31 soal," katanya.

Soal ujian yang kurang ini langsung dilaporkan kepada petugas Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu yang ikut mengawal pendistribusian soal UN tingkat SMA sederajat ke daerah itu, kata dia.

Untuk itu, ia berharap soal yang kurang ini dapat segera dipenuhi sehingga mata uji yang akan dilaksanakan pada hari kedua pada Selasa (5/4) nanti tidak bermasalah.

Sementara itu Kadisdik Rejanglebong, Zakaria Effendi mengatakan, soal UN tingkat SMA sederajat di wilayah itu setelah sampai di Kantor Disdik setempat setelah dilakukan pengecekan kemudian langsung didistribusikan ke kecamatan masing-masing dan untuk memastikan keamanannya soal ujian ini dititipkan di kantor polisi baik di Polres maupun Polsek di masing-masing kecamatan.

Pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat di Rejanglebong dinyakininya tidak akan mengalami kendala, karena untuk soal dan lembaran jawabannya setelah dihitung tidak mengalami kekurangan. Sementara yang masih kurang ialah soal UN peserta paket-C sebanyak 31 soal dan sudah dimintakan agar segera dikirim oleh Pemprov Bengkulu.

"Kami sudah menyurati PLN agar tidak ada pemadaman sehingga dua sekolah yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer tidak mengalami kendala, begitu juga kepada pihak PT Telkom supay dapat menjamin tidak adanya gangguan jaringan internet selama pelaksanaan UN. Sedangkan untuk sekolah lainnya masih menggunakan LJK," ujarnya.

Soal UN tingkat SMA sederajat yang dikirim Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu ke Rejanglebong kata dia, sebanyak 83 kardus dengan rincian 42 kardus soal untuk tingkat SMA, 20 kardus untuk soal tingakt SMK, 6 kardus untuk soal ujian paket C dan 12 kardus soal ujian kompetensi keahlian tingkat SMK.

Sementara itu jumlah peserta UN tingkat SMA sederajat rencananya akan diikuti oleh pelajar SMA baik negeri maupun swasta sebanyak 1.979 orang terdiri dari 802 siswa dan 1.177 siswi. Sedangkan untuk SMK sebanyak 952 pelajar terdiri dari 624 siswa dan 328 siswi, kemudian 207 peserta untuk paket-C.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016