Bengkulu  (Antara) - Pemerintah Provinsi Bengkulu menyiapkan 18 rangkaian kegiatan saat Pekan Nelayan dan Kemaritiman untuk menyemarakkan Hari Nelayan 2016.

Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Sumardi di Bengkulu, Selasa mengatakan kegiatan yang digelar selama sepekan itu akan mengekspos potensi kelautan dan kemaritiman Bengkulu.

"Kegiatan selama sepekan ini bertujuan mengekspos Bengkulu sebagai provinsi maritim karena memiliki panjang pesisir mencapai 525 kilometer," kata Sumardi.

Kegiatan yang direncanakan dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menko Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli ini akan diawali dengan pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berbahan hasil laut.

Pameran produk UMKM berbahan hasil laut akan digelar selama tiga hari mulai 7 April - 9 April 2016. Berikutnya pelepasliaran lobster hasil sitaan Badan Karantina Ikan.

Pelespasliaran satwa dilindungi penyu juga akan digelar di Pantai Panjang dan penanaman mangrove di pesisir Kota Bengkulu.

Ada juga transplantasi terumbu karang dengan sistem bioreeftek dengan substrat terbuat dari tempurung kelapa.

Kegiatan terakhir yang ditargetkan melibatkan para nelayan pesisir Kota Bengkulu adalah pemasangan rumpon atau rumah ikan di sekitar Pulau Tikus.

"Ada juga kegiatan hiburan seperti senam massal bersama masyarakat nelayan, lomba cipta puisi dan lomba video pendek," katanya.

Rangkaian kegiatan akan ditutup dengan seminar nasional dengan tema "Nelayan tangguh dalam ruang kemaritiman. 

Pewarta:

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016