Mukomuko (Antara) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyebutkan sejak bulan Januari 2016 sampai sekarang menyelamatkan sebanyak 500 butir telur penyu lekang dari pantai daerah itu.

"Kita dibantu oleh masyarakat dan kelompok pelestarian penyu menyelamatkan telur penyu dari pantai di daerah ini agar telur tersebut tidak dimakan oleh binatang predator," kata Kepala Resor BKSDA Kabupaten Mukomuko Rasidin, di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan hal itu setelah berhasil menyelamatkan sebanyak 95 butir telur penyu di sepanjang Pantai Air Hitam, Minggu malam.

Ia mengatakan, sebanyak 95 butir telur penyu itu diamankan di lokasi kawasan penangkaran penyu di Pantai Air Hitam bersama ratusan butir telur penyu lainnya.

"Jadi total keseluruhan telur penyu yang telah diselamatkan dalam tahun ini sebanyak 500 butir," ujarnya.

Ia mengatakan, dari sebanyak 500 butir telur penyu tersebut, sekitar 122 butir telur penyu sudah menetas menjadi tukik.

Ratusan tukik tersebut, katanya, rencananya dilepas setelah ada lagi telur tersebut yang menetas atau sekitar sebulan lagi.

Ia mengatakan, pihaknya menyelamatkan telur penyu itu agar tidak dimakan oleh binatang predator dan dicuri untuk warga masyarakat setempat.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016