Rejanglebong (Antara) - Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, pada tahun 2016 akan menerima kucuran dana dari pemerintah pusat senilai Rp8 miliar untuk pencetakan sawah baru di daerah itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Rejanglebong, Abdul Roni, di Rejanglebong, Kamis, mengatakan anggaran pencetakan sawah baru tersebut akan dilaksanakan dalam tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir, dan Kota Padang.

"Nantinya pengerjaan cetak sawah baru ini akan dilaksanakan bekerjasama dengan Kodam II Sriwijaya, selain membuat sawah baru juga akan dibangun saluran tersier untuk pengairan sawah ini," katanya.

Pengerjaan pencetakan sawah baru kata dia, rencananya akan dilaksanakan pada Mei atau Juni 2016 dimana untuk per hektarenya besaran anggaran yang dialokasikan Rp16 juta.

Program pencetakan sawah baru yang di terima Rejanglebong ini merupakan bagian dari program percepatan swasembada pangan nasional 2017, serta untuk membantu pemenuhan kebutuhan beras bagi masyarakat di daerah itu dan wilayah Bengkulu lainnya.

Kepastian pencetakan sawah baru di tiga kecamatan itu kata Abdul Roni sudah dilakukan peninjauan lapangan atau survei investigasi desain (SID) oleh Distan Rejanglebong bersama dengan Kodim 0409 Rejanglebong.

Sebelumnya Kabid Pengelolaan Lahan Air dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian Rejanglebong, Selamet Riadi, menyebutkan program pencetakan sawah baru yang diterima daerah itu sepenuhnya akan dilaksanakan oleh TNI, sebagai kelanjutan program upaya khusus atau Upsus bidang pertanian 2015 dalam rangka menyukseskan swasembada pangan 2017.

Pada 2015 lalu Rejanglebong kata dia, juga menerima bantuan dari Kementerian Pertanian pusat berupa pembangunan saluran irigasi tersier tersebar di sembilan dari 15 kecamatan di Rejanglebong dengan luasan areal persawahan penerima manfaat 4.600 hektare.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016