Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu hingga September 2024 telah menyalurkan 559 bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) ke seluruh kelompok tani di wilayah tersebut.
 
Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu M. Rizon saat di konfirmasi di Bengkulu, Jumat menyebutkan bahwa bantuan alsintan yang telah disalurkan tersebut terdiri dari mesin potong rumput, hand sprayer, cultivator dan hand traktor.
 
"Pada 2024 ini, total ada 1.118 unit Alsintan yang akan disalurkan ke petani yang ada di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu. Hingga saat ini realisasinya sudah di atas 50 persen," ujar dia.
 
Untuk bantuan alsintan tersebut difokuskan pada sektor hortikultura, pertanian dan perkebunan di Provinsi Bengkulu.
 
Sebanyak 559 alsintan tersebut telah disalurkan di empat wilayah yaitu Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan, Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang.
 
Rizon menerangkan bahwa penyaluran bantuan alsintan tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Bengkulu guna mendorong peningkatan produktivitas pertanian di wilayah tersebut
 
"Kami berharap bantuan ini dapat memotivasi para petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Bengkulu," kata dia.
 
Sementara itu, untuk wilayah yang belum mendapatkan bantuan alsintan, dalam waktu dekat Dinas TPHP Provinsi Bengkulu segera menyalurkan bantuan ke kelompok tani di wilayah tersebut.
 
Lanjut Rizon, pembagian bantuan alsintan dari Pemprov Bengkulu diberikan kepada kelompok tani yang telah terdaftar.
 
Namun sebelum disalurkan, pihaknya melakukan verifikasi terhadap kelompok tani yang mengajukan usulan, baik dari segi persyaratan seperti terdata dalam Simluhtan (Sistem Informasi Penyuluh Pertanian) dan syarat lainnya.
 
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024