Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu tengah menyiapkan penyaluran bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi asal daerah itu.
 
Kepala Dinas Dikbud Rejang Lebong Noprianto di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan Pemkab Rejang Lebong dalam APBD 2024 telah menyiapkan anggaran sebesar Rp900 juta untuk program bantuan beasiswa mahasiswa berprestasi.
 
"Saat ini masih dalam proses pencairan, Insya Allah dalam beberapa hari ke depan sudah cair. Dananya akan ditransfer ke rekening masing-masing mahasiswa," kata dia.
 
Dia menjelaskan, bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi tersebut akan diberikan kepada 197 mahasiswa.
 
"Dari 225 mahasiswa yang mendaftar, kemudian dilakukan verifikasi dan dinyatakan yang berhak menerimanya sebanyak 197 mahasiswa," terangnya.
 
Dengan berkurangnya jumlah penerima beasiswa ini, kata dia, membuat penyerapan anggarannya hanya sebesar Rp791 juta, sedangkan sisanya sebesar Rp109 juta tidak bisa diserap karena calon penerimanya tidak lolos verifikasi.
 
"Calon penerima yang dinyatakan tidak lolos verifikasi sebanyak 28 orang. Peserta yang tidak lolos ini karena syaratnya tidak lengkap atau sudah pernah menerima beasiswa prestasi sebelumnya," tegasnya.
 
Menurut dia, bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi itu diberikan kepada anak-anak asal daerah itu yang kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta, di mana bantuan diberikan dalam bentuk uang kuliah tunggal (UKT).
 
Dia berharap bantuan beasiswa ini bisa membantu mahasiswa asal daerah itu yang sedang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di dalam dan di luar Provinsi Bengkulu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024